Tesis Evaluasi Pelayanan Unit Rawat Jalan VIP A RSUD Sunan Kalijaga Kabupaten Demak

Main Author: Mujtahid
Format: Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2016
Subjects:
Online Access: http://perpustakaan.bppsdmk.kemkes.go.id//index.php?p=show_detail&id=6141
Daftar Isi:
  • Kunjungan pasien rawat jalan reguler RSUD Sunan Kalijaga tahun 2012-2015 mengingkat, tetapi di rawat jalan VIP A menurun. Penurunan tersebut merupakan cerminan penerapan manajemen RS belum optimal. Manajemen RS belum merapkan evaluasi pelayanan unit rawat jalan VIP A. Jenis penelitian kualitatif, pengumpulan data dengan wawancara mendalam,observasi,studi dokumen. infram utama : kepala unit, perawat, dokte spesialis, direktue dan informan triangulasi : kabid pelayanan, kabid keperawatan, kabid pemasaran dan rekan media, kabag tata usaha, pasien. analisa dengan content analysis.Hasil penelitian : perencanaan pelayanan unit rawat jalan VIP A, jumlah dokter spesialis kebidanan dan kandungan, spesialis mata,spesialis paru dan spesialis syaraf belum memenuhi syarat dan perawatan, petugas pendaftaran, kasir memenuhi sesuai kebutuhan; dana BLUD tidak teralokasi jumah daa di RBA; gedung terpisah dengan rawat jalan reguler belum memenuhi persyaratan; bentuk pedoman dan alur pelayanan tidak ditetapkan; peralatan belum memenuhi persyaratan;keputusan jenis, jadwal,petugas,tugas pokok, urian tugas petugas,mekanisme perencanaan, RBU, pembagia tugas tidak tersusun. pelaksaan pelayanan : dokter spesialis tidak konsisten dengan jadwal, atasan memberikan arahan tugas pokok dan memotivasi pelaksana,tidak disosialisasikan pedom dan alur pelayanan; semua petugas melayani dengan tanggung jawab; peran kepala unit dan kepala bidan belum optimal. monitoring pelayanan : pencatatan di register pendaftaran,rekn media,tidak terintegrasi SIMRS; evaluasi pelayanan belum dilakukan; laporan jenis jumlah penyakit setiap bulan; perbaikan/tindak lanjut belum berkelanjutan.disarankan pelayanan unit rawat jalan VIP A dilanjutkan,maka harus memperbaiki dan meningkatkan kinerja manajemen dan pelayanan.Kata Kunci ; evaluasi,pelayanan rawat jalan VIP A,rumah sakit Referensi ; 53 (1977-2016)
  • 29,5 x 21 cm; xvi ; 112 hlm