INOVASI DAN REALISASI KURIKULUM ISMUBA (AL ISLAM, KEMUHAMMADIYAHAN, DAN BAHASA ARAB) DI SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH 8 TULANGAN SIDOARJO JAWA TIMUR
Daftar Isi:
- Inovasi kurikulum menjadi topik yang selalu hangat dibicarakan dari masa ke masa. Isu ini selalu muncul ketika kita membicarakan pendidikan. Dalam inovasi Kurikulum banyak yang terlibat diantaranya: guru, siswa, masyarakat, fasilitas, dan dana. Secara Umum inovasi kurikulum dibagi dua model, pertama Top – down model, yaitu inovasi kurikulum yang diciptakan oleh atasan sebagai usaha meningkatkan mutu pendidikan atau pemerataan kesempatan memperoleh pendidikan. Kedua, bottom - up model inovasi ini timbul dari hasil ide, pikiran, kreasi, dan inisiatif dari sekolah, guru atau masyarakat. Model inovasi bottom - up inilah yang dipakai SD muhammadiyah 8 Tulangan untuk melalukan inovasi kurikulum al – Islam, kemuhammadiyahan, dan bahasa Arab (ISMUBA). Inovasi dan Reallisasi kurikulum ISMUBA berangkat dari penggabungan konsep correlated curriculum dan Humanistik curriculum dalam pelaksanaannya. Model ini mendudukan siswa dalam posisi yang utama dalam pendidikan, siswa deberikan ruang yang leluasa untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya guru hanya tinggal mengarahkan dan membimbingnya.Akhirnya siswa dalam proses pembelajaran lebih bisa memahami Sebab langsung mengalaminya ( life skill ). Kata kunci : Inovasi, kurikulum, dan ISMUBA