KECENDERUNGAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK DITINJAU DARI LOCUS OF CONTROL PADA SISWA SMA BINA TARUNA SURABAYA
Main Author: | Amini, Zayyana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/8412/1/Bab1.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/8412/2/Bab2.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/8412/3/Bab3.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/8412/4/Bab4.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/8412/5/Bab5.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/8412/6/Daftar%20Isi.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/8412/7/Daftar%20Pustaka.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/8412/ |
Daftar Isi:
- Persoalan yang dikaji dalam skripsi ini yaitu apakah terdapat perbedaan kecenderungan perilaku prokrastinasi akademik ditinjau dari locus of control pada siswa SMA Bina Taruna Surabaya. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kecenderungan perilaku prokrastinasi akademik ditinjau dari locus of control pada siswa SMA Bina Taruna Surabaya. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah komparatif yaitu sebagai penelitian yang melihat perbedaan antara variabel-variabel penelitian dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya dengan bantuan komputer program SPSS versi 11.5 for windows. Penelitian ini menggunakan studi populasi, dengan subyek penelitian yaitu seluruh siswa SMA Bina Taruna Surabaya sebanyak 82 siswa. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah skala IPC- locus of control yang disusun oleh Levenson dan skala prokrastinasi akademik. Setelah data lapangan diperoleh, kemudian data tersebut diolah dan dianalisa dengan menggunakan teknik analisis statistik uji-t dua sampel berpasangan (paired samples T-test). Berdasarkan hasil analisa data diperoleh nilai t hitung sebesar -2.305, bila dibandingkan dengan harga t tabel = 2.042, karena t hitung t tabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya kecenderungan perilaku prokrastinasi akademik antara siswa yang memiliki orientasi internal locus of control dengan siswa yang berorientasi eksternal locus of control adalah berbeda. Dengan kata lain, terdapat perbedaan yang signifikan kecenderungan perilaku prokrastinasi akademik ditinjau dari locus of control pada siswa SMA Bina Taruna Surabaya. Berdasarkan rata-rata (mean) prokrastinasi akademik diketahui bahwa siswa yang memiliki eksternal locus of control lebih banyak dari pada siswa yang memiliki internal locus of control (44.7500 41.7250). Ini berarti siswa yang berorientasi eksternal locus of control memiliki kecenderungan prokrastinasi akademik yang lebih tinggi dari pada siswa yang berorientasi internal locus of control.