STUDI INTEGRASI SISTEM PENDIDIKAN MADRASAH DAN PESANTREN DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM AL-FAISHOLIYAH SAMPANG MADURA
Main Author: | Arifin, Siful |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2010
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/8242/1/cover.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/8242/2/abstrak.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/8242/3/daftar%20isi.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/8242/4/bab%201.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/8242/5/bab%202.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/8242/6/bab%203.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/8242/7/bab%204.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/8242/8/bab%205.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/8242/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis data deskriptif-kualitatif yang sifatnya berkelanjutan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, peneliti menemukan beberapa hasil penelitian yang terkait dengan adanya integrasi sistem pendidikan pesantren dan madrasah. Hasil penelitian tersebut di antaranya adalah sebagai berikut: Pertama, Integrasi tersebut dilakukan dalam bentuk pendidikan formal yang ada di madrasah dan juga dalam bentuk pendidikan non formal yang ada di asrama pondok pesantren Darussalam. Kedua, Integrasi tersebut terjadi dalam beberapa hal: Integrasi kelembagaan, hal ini bisa dilihat dari struktur, tatanilai, lingkungan, visi, misi, tujuan dan lain sebagainya. Integrasi pelaku pendidikan, yang meliputi pendidik (kiai, ustadz, guru), pelajar (siswa, santri), karyawan dan pelaku pendidikan lainnya yang ada di Darusssalam. Integrasi pengelolaan dan pelaksanaan pendidikan yang meliputi: Sarana prasarana, keuangan, materi ajar, metode pembelajaran, sumber belajar dan lain sebagainya. Ketiga, dalam pelaksanaan integrasi tersebut ada faktor-faktor penunjang dan penghambat yang bersifat intern maupun ekstern yang mengiringi proses terjadinya integrasi. Namun hal tersebut tidak sampai menghambat proses terjadinya integrasi. Hasil integrasi tersebut mempunyai pengaruh terhadap kualitas sistem pendidikan pada umumnya dan pada Lembaga Pondok Pesantren Darussalam Al-Faisholiyah pada khususnya, karena adanya integrasi tersebut dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas output pendidikan yang dapat diandalkan. Dari hasil penelitian yang dipaparkan di atas maka saran kepada semua civitas akademika Darussalam untuk terus bersama-sama melakukan pembenahan demi terwujudnya pendidikan yang holistic-integral, duniawi-ukhrawi secara bersama-sama dan utuh tanpa mengesampingkan salah satu disiplin keilmuan tertentu.