Penerapan media Mabimubi pada materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat di Kelas V SD Muhammadiyah 1 Krian
Main Author: | Ulfa, Mariana |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/7903/37/Mariana%20Ulfa_D04205066.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/7903/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran dengan media MABIMUBI, motivasi belajar siswa selama mengikuti pembelajaran,hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media MABIMUBI dan efektifitas media MABIMUBI pada pembelajaran matematika pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat di kelas V Umar Bin Khatab SD Muhammadiyah 1 Krian di Sidoarjo. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V Umar Bin Khatab SD Muhammadiyah 1 Krian. Metode penelitian yang di pakai adalah one shot case study dengan jumlah siswa sebanyak 33 siswa. Tehnik pengambilan datanya yaitu dengn cara pengamatan proses pembelajaran, angket dan tes hasil belajar. Perangkat pembelajaran yang digunakan adalah Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS). Instrumen yang di gunakan dalam penelitian adalah lembar pengamatan proses pembelajaran, lembar angket motivasi siswa, serta soal tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan proses pembelajaran dengn menggunakan media MABIMUBI menunjukkan efektif dilihat dari nilai rata-rata kategori sebesar 3,24 dengan kriteria baik karena lebih dari nilai standart minimal yang telah ditentukan yaitu 2,60 untuk setiap tahap. Motivasi siswa selama mengikuti pembelajaran matematika dengan menggunakan media MABIMUBI menunjukkan motivasi positif, ini dilihat dari sebagian besar atau 92,5% jawaban siswa adalah sangat setuju atau setuju dari angket motivasi siswa dengan pernyataan positif. Hasil belajar siswa menyatakan tuntas secara klasikal dengan 25 siswa yang tuntas secara individu atau 86,2% dari 29 siswa yang mengikuti tes hasil belajar, dan terdapat 4 siswa yang tidak mencapai ketuntasan individu atau 13,8% dari 29 siswa yang mengikuti tes hasil belajar, karena terdapat 4 siswa yang tidak mengikuti tes hasil belajar dikarenakan kegiatan sekolah yang harus mereka ikuti pada saat jam pelajaran berlangsung. Efektifitas media MABIMUBI pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat ukurannya ditentukan dari tiga indikator yaitu pencapaian proses pembelajaran, motivasi dan hasil pembelajaran siswa dimana setidaknya terdapat dua dari tiga indikator tersebut tercapai dengan syarat salah satunya adalah hasil belajar siswa tercapai. Karena hasil penelitian menunjukkan ketiga indikator tersebut tercapai maka bisa dikatakan efektifitas media MABIMUBI tercapai. Hasil penelitian ini menyarankan agar media MABIMUBI ini dipergunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat tingkat sekolah dasar.