PERANAN AKTIVITAS PEMUDA DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM NON FORMAL DI DESA TROPODO KECAMATAN WARU KABUPATEN SIDOARJO
Main Author: | Maknunah, Jamilatu Lu'lu'atul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/7810/1/Cover.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/7810/2/Bab.%20I.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/7810/7/Bab.%20II.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/7810/3/Bab.%20III.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/7810/4/Bab.%20IV.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/7810/5/Bab.%20V.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/7810/6/Daf.%20Pustaka.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/7810/ |
Daftar Isi:
- Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1)Bagaimana aktivitas pemuda desa Tropodo Sidoarjo?, (2)Bagaimana Pendidikan Islam non formal di desa Tropodo Sidoarjo?, (3)Bagaimana peranan aktivitas pemuda terhadap pengembangan Pendidikan Islam non formal di desa Tropodo Sidoarjo?. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk Mengetahui aktivitas pemuda desa Tropodo Sidoarjo, (2) Untuk mengetahui pendidikan Islam non formal di desa Tropodo Sidoarjo. (3) Untuk mengetahui peranan pemuda terhadap pengembangan pendidikan Islam non formal di desa Tropodo Sidoarjo. Penelitian dalam skripsi ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data diperoleh menggunakan metode Interview, Observasi, dokumentasi dan tringulasi. Adapun yang menjadi key informan dalam penelitian ini adalah: Bapak Yusuf. SE selaku lurah desa Tropodo sedangkan mengenai pengembangan agama Islam adalah Bapak. Drs. H.M. Zainuddin selaku sekretaris desa. Sedangkan informasi mengenai kegiatan masyarakat kepada Bapak Masâ€TMadi. S.Pdi selaku kepala seksi kemasyarakatan. Dan informasi kegiatan pemuda kepada saudara Fuad selaku Ketua IPNU, Saudari Irma Selaku Ketua IPPNU, Saudara Fanani selaku ketua Remaja Masjid, Luqman Hakim selaku ketua Karang Taruna di desa Tropodo Waru Sidoarjo. Dari penelitian diatas mendapatkan hasil bahwa peranan Aktivitas pemuda mempunyai konstribusi dalam pengembangan pendidikan Islam non formal, baik secara Individu maupun melalui perkumpulan Organisasi yaitu Organisasi yang ada: IPNU-IPPNU, Remaja Masjid Dan Karang Taruna. Dan Pendidikan Non Formal berupa TPA/TPQ, Jamâ€TMiyah Dan lembaga Kursus. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan adanya peranan dari aktivitas pemuda dalam pengembangan pendidikan Islam Non Formal .