STRATEGI PENGELOLAAN DAN EVALUASI KOPERASI CAHAYA AMANAH DI SIDOARJO. SKRIPSI MANAJEMEN DAKWAH FAKULTAS DAKWAH IAIN SUNAN AMPEL SURABAYA

Main Author: Lutfi, Lutfi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/7752/1/Bab%201.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/7752/2/Cover.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/7752/3/Bab%202.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/7752/4/Bab%203.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/7752/5/Bab%205.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/7752/6/Bab%204.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/7752/7/Daftar%20Pustaka.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/7752/
Daftar Isi:
  • Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi pengelolaan dan evaluasi yang diterapkan oleh Koperasi Cahaya Amanah di Sidoarjo. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif yaitu mendiskripsikan data yang diperoleh dari lapangan yang mengenai permasalahan penelitian di atas. Dalam menjawab permasalahan di atas penelitian dilapangan ini menggunakan mwetode deskriptif kualitatif yang dimaksudkan untuk memaparkan atau menggambarkan keadaan atau fenomena sebagaimana adanya pada saat penelitian dilakukan , yaitu memaparkan data tentang strategi pengelolaan dan evaluasi Koperasi Cahaya Amanah Sidoarjo. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa strategi pengelolaan dan evaluasi Koperasi Cahaya Amanah dilakukan dengan strategi bauran pemasaran (marketing mix), segmentasi pasar, pasar sasaran(targetting), peningkatan SDM. Pertama: strategi bauran pemasaran (marketing mix) meliputi strategi produk(buku, busana muslim, seragam TPA, dan sebagainya), strategi harga (dengan pemberian diskon bagi pembeli yang memiliki kartu member), strategi tempat(melalui distribusi retail internal dan eksternal), dan strategi promosi (promosi dengan melalui media- media serta melalui brosur-brosur. Kedua ; strategi segmentasi, meliputi segmentasi geografis, pengelompokan pasar berdasarkan atas daerah atau wilayah yang penjualan produknya dipimppin oleh bagian pemasaran separti pramuniaga, segmentasi demografis pengelompokannya atas : jenis kelamin, digunakan pada pemasaran produk pakaian(busana muslim). Ketiga : strategi pasar sasaran (targetting) degan penampilan, persesuaian pelayanan dan pemuasan serta mengarahkan sasaran pada guru-guru TK/TPQ (mahasiswa dan sekolah) Keempat: strategi pengembangan SDM dengan memberikan pelatihan–pelatihan setiap minggu sekali dalam segi pemasaran dengan mendatangkan dose-dosen atau para ahli dibidangnya.