Penerapan program Kelas Unggulan dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sidoarjo
Main Author: | Afiyah, Nur |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/7334/31/Cover.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/7334/1/bab%201.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/7334/2/bab%202.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/7334/3/bab%203.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/7334/19/bab%203.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/7334/20/bab%204.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/7334/32/Daftar%20Pustaka.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/7334/ |
Daftar Isi:
- Untuk mewujudkan tujuan pendidikan, pemerintah Indonesia telah melakukan berbagai upaya inovasi dalam bidang pendidikan. Salah satunya adalah program kelas unggulan. Di dalam proses pembelajaran, kelas merupakan tempat untuk belajar. Belajar memerlukan konsentrasi dan suasana kelas yang dapat menunjang kegiatan proses pembelajaran yang efektif. Siswa dapat belajar dengan baik dalam suasana wajar tanpa tekanan dan dalam kondisi yang merangsang untuk belajar. Untuk menciptakan suasana yang dapat menumbuhkan gairah belajar, meningkatkan prestasi belajar dan lebih memungkinkan guru memberikan bimbingan dan bantuan terhadap siswa, maka diperlukan pegorganisasian kelas yang baik Adapun tujuan penelitian yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui program kelas unggulan di SMP Negeri 1 Sidoarjo, untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sidoarjo, dan untuk mengetahui efektifitas program kelas unggulan dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Sidoarjo. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, interview, angket, dan dokumentasi Setelah data terkumpul penulis menggunakan rumus prosentase untuk menjawab permasalahan tentang program kelas unggulan dan keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya korelasi penerapan program kelas unggulan dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam, penulis menggunakan rumus product moment yang nantinya hasil korelasi dari perhitungan rumus akan dikonsultasikan pada harga kritik product moment pada taraf signifikasi 1 % dan 5 %. Hasil penelitian berkenaan dengan gambaran umum obyek penelitian, penyajian dan analisa data sebagai hasil dari proses pengumpulan data sebelumnya, serta pengujian hipotesis yang pada akhirnya menyimpulkan bahwa penerapan program kelas unggulan dalam meningkatkan keberhasilan pembelajaran sangat kuat atau tinggi.