Peningkatan Hasil Belajar Siswa Materi Ciri Makhluk Hidup Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dengan Berbantuan Video Di Kelas III MINU Ngingas Waru
Main Author: | Muthomimah, Afida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/31135/3/Afida%20Muthomimah_D97215048.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/31135/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa kelas III C MINU Ngingas Waru pada materi ciri makhluk hidup. Model pembelajaran yang digunakan guru dalam kelas kurang inovatif dan kurangnya pemanfaatan media belajar saat pembelajaran. Guru menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa kurang maksimal yakni hanya 43,2% siswa yang dapat mencapai KKM. Berdasarkan hal tersebut, peneliti melakukan tindakan perbaikan dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan menggunakan bantuan media pembelajaran sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan berbantuan video untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi materi ciri makhluk hidup di kelas III MINU Ngingas Waru, 2) peningkatan hasil belajar siswa materi ciri makhluk hidup di kelas III MINU Ngingas Waru dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan berbantuan video. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian dari Kurt Lewin yang terdiri 2 siklus, dimana tindakan setiap siklus dimulai dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation) dan refleksi (reflection). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III C MINU Ngingas Waru dengan jumlah siswa sebanyak 37 siswa yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 22 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, tes tulis, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan berbantuan video berjalan dengan baik yang dibuktikan dengan hasil data observasi aktivitas guru pada siklus I sebesar 81,57 (tinggi), dan meningkat pada siklus II sebesar 94,31 (sangat tinggi). Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I sebesar 91,67 (sangat tinggi) dan meningkat pada siklus II sebesar 95. (2) Peningkatan hasil belajar terjadi setelah diterapkan model pembelajaran kooperatf tipe think pair share dengan berbantuan video yang dibuktikan dengan hasil belajar siswa pada pra siklus mendapatkan rata-rata 68,16 dengan prosentase ketuntasan 43,2% (sangat kurang). Siklus I mendapatkan rata-rata 79,86 dengan prosentase ketuntasan 64,8% (kurang). Siklus II mendapatkan rata-rata 87,70 dengan prosentase ketuntasan 89,1% (baik). Terdapat peningkatan yang baik di setiap siklus dengan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share dengan berbantuan video.