Peran pembelajaran pendidikan agama islam dalam membentuk karakter peserta didik ABK (Anak Berkebutuhan Khusus) di SMA Negeri 1 Gedangan

Main Author: Triyanto, Achmad Andi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/31131/3/Achmad%20Andi%20Triyanto_D91215083.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/31131/
Daftar Isi:
  • Karakter peserta didik ABK terbentuk dari kebiasaan yang mereka lakukan. Di sekolah peserta didik ABK menghabiskan waktu mereka untuk belajar dan berbaur dengan lingkungan sekitar. Materi pelajaran yang mereka terima perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, begitu pula dengan materi pelajaran Pendidikan Agama Islam perlu diterapkan agar karakter peserta didik ABK dapat terbentuk dengan baik. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana proses pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 1 Gedangan? (2) Bagaimana karakteristik peserta didik ABK di SMA Negeri 1 Gedangan? (3) Bagaimana peran pembelajaran pendidikan agama islam dalam membentuk karakter peserta didik ABK di SMA Negeri 1 Gedangan? Dari hasil penelitian di SMA Negeri 1 Gedangan peneliti dapat memberi kesimpulan: Pertama, proses pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam sudah berjalan dengan cukup baik dan tertib hingga pembelajaran selesai. Kedua, peran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter peserta didik ABK di SMA Negeri 1 Gedangan dimulai dengan penyampaian oleh guru tentang materi pelajaran di kelas, kemudian materi yang telah disampaikan oleh guru diimplementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari melalui pembiasaan. Selain itu, pembentukan karakter peserta didik ABK yaitu melalui guru dengan cara memberikan contoh yang baik dan cerita-cerita para nabi yang didalamnya terdapat pesan moral.