Peningkatan keterampilan berbicara Bahasa Arab Materi A’dha’ Al-Usrah menggunakan media Flash Card pada siswa kelas III Minu Waru II Sidoarjo
Main Author: | Umah, Maslahatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/30987/3/Maslahatul%20Umah_D97215096.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/30987/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Arab MI. Siswa mengeluh bahwa bahasa Arab adalah pelajaran yang sulit terlebih kurangnya mufrodat yang tidak diketahui. Guru sering menggunakan ceramah tanpa variasi, akhirnya siswa tidak terlihat aktif dalam kegitan pembelajaran. Untuk mengatasinya, penulis melakukan pembelajaran dengan menerapkan media flash card yang dilakukan dalam 2 siklus. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui penerapan media flash card untuk meningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab materi A’dha’ Al-Usrah pada kelas III MINU Waru II Sidoarjo. (2) mengetahui peningkatan keterampilan berbicara bahasa Arab materi A’dha’ Al-Usrah setelah menggunakan media flash card pada kelas III MINU Waru II Sidoarjo. Metode penelitian ini merupakan PTK model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu, (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, performance, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan baha : (1) Penerapan media flash card berjalan dengan katagori baik. Terbukti dari peningkatan hasil aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I, aktivitas guru memperoleh 75 (kurang), kemudian meningkat menjadi 91.07 (baik) pada siklus II. Sedangkan nilai aktivitas siswa pada siklus I yaitu 79 (kurang) dan meningkat menjadi 93.26 (baik) pada siklus II. (2) Keterampilan berbicara siswa pada penelitian ini juga mengalami peningkatan dengan katagori baik. Peningkatan tersebut dibuktikan dari persentase ketuntasan belajar siswa. Pada pra siklus sebesar 30,43% (kurang), meningkat menjadi 69,56% (kurang) pada siklus I dan meningkat menjadi 86,96% (baik) pada siklus II. Rata-rata siswa pada siklus I sebesar 75.36 (cukup) dan meningkat pada siklus II menjadi 90.86 (baik).