Pengembangan kemampuan berbicara bahasa Indonesia anak umur 5-6 tahun melalui metode bercerita dengan media televisi bergambar
Main Authors: | Alfin, Jauharoti, Rosyidi, Zudan, Abdillah, Husni |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
LPPM UNJ
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/30892/1/Jauharoti%20Alfin_Pengembangan%20kemampuan%20berbicara%20Bahasa%20Indonesia%20anak%20umur%205%20-%206%20tahun%20melalui%20metode%20bercerita%20dengan%20media%20televisi%20bergambar.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/30892/ http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/5723 |
ctrlnum |
30892 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/30892/</relation><title>Pengembangan kemampuan berbicara bahasa Indonesia anak umur 5-6 tahun melalui metode bercerita dengan media televisi bergambar</title><creator>Alfin, Jauharoti</creator><creator>Rosyidi, Zudan</creator><creator>Abdillah, Husni</creator><subject>Bahasa Indonesia</subject><subject>Media</subject><subject>Pendidikan Anak</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan berbicara Bahasa Indonesia anak umur 5-6 tahun yang dikembangkan melalui metode bercerita dengan media televisi bergambar. Metode penelitian yang digunakan adalah Weak Experimental dengan desain One-Shot-Case-Study. Subyek penelitian sebanyak 27 anak umur 5-6 tahun dari salah satu TK di Kota Gresik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif dengan menentukan nilai persentase dari masing-masing indikator perkembangan kemampuan berbicara Bahasa Indonesia anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara kesuluruhan kemampuan berbicara Bahasa Indonesia anak umur 5-6 tahun telah berkembang dalam kategori tinggi (85%) setelah perlakuan penggunaan metode bercerita dengan media televisi bergambar.</description><publisher>LPPM UNJ</publisher><date>2018-11</date><type>Journal:Article</type><type>PeerReview:PeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/30892/1/Jauharoti%20Alfin_Pengembangan%20kemampuan%20berbicara%20Bahasa%20Indonesia%20anak%20umur%205%20-%206%20tahun%20melalui%20metode%20bercerita%20dengan%20media%20televisi%20bergambar.pdf</identifier><identifier> Alfin, Jauharoti and Rosyidi, Zudan and Abdillah, Husni (2018) Pengembangan kemampuan berbicara bahasa Indonesia anak umur 5-6 tahun melalui metode bercerita dengan media televisi bergambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12 (02). pp. 271-280. ISSN 2503-0566 </identifier><relation>http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/5723</relation><recordID>30892</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Journal:Article Journal PeerReview:PeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Alfin, Jauharoti Rosyidi, Zudan Abdillah, Husni |
title |
Pengembangan kemampuan berbicara bahasa Indonesia anak umur 5-6 tahun melalui metode bercerita dengan media televisi bergambar |
publisher |
LPPM UNJ |
publishDate |
2018 |
topic |
Bahasa Indonesia Media Pendidikan Anak |
url |
http://digilib.uinsby.ac.id/30892/1/Jauharoti%20Alfin_Pengembangan%20kemampuan%20berbicara%20Bahasa%20Indonesia%20anak%20umur%205%20-%206%20tahun%20melalui%20metode%20bercerita%20dengan%20media%20televisi%20bergambar.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/30892/ http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpud/article/view/5723 |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai kemampuan berbicara Bahasa Indonesia anak umur 5-6 tahun yang dikembangkan melalui metode bercerita dengan media televisi bergambar. Metode penelitian yang digunakan adalah Weak Experimental dengan desain One-Shot-Case-Study. Subyek penelitian sebanyak 27 anak umur 5-6 tahun dari salah satu TK di Kota Gresik. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif dengan menentukan nilai persentase dari masing-masing indikator perkembangan kemampuan berbicara Bahasa Indonesia anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara kesuluruhan kemampuan berbicara Bahasa Indonesia anak umur 5-6 tahun telah berkembang dalam kategori tinggi (85%) setelah perlakuan penggunaan metode bercerita dengan media televisi bergambar. |
id |
IOS2718.30892 |
institution |
UIN Sunan Ampel Surabaya |
affiliation |
ptki.onesearch.id |
institution_id |
285 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya |
library_id |
456 |
collection |
Koleksi Digital UIN Sunan Ampel |
repository_id |
2718 |
subject_area |
Filsafat Psikologi Teknik Kimia |
city |
KOTA SURABAYA |
province |
JAWA TIMUR |
shared_to_ipusnas_str |
1 |
repoId |
IOS2718 |
first_indexed |
2019-05-05T01:14:17Z |
last_indexed |
2020-12-11T19:55:56Z |
recordtype |
dc |
merged_child_boolean |
1 |
_version_ |
1765778982260703232 |
score |
17.13294 |