Implementasi pembelajaran humanistik dalam pendidikan karakte: Studi Multi Kasus di SD Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya dan SD Yayasan Islam Malik Ibrahim Gresik

Main Author: Ramadhan, Rizky
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/30664/1/Rizky%20Ramadhan_F12316254.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/30664/
ctrlnum 30664
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/30664/</relation><title>Implementasi pembelajaran humanistik dalam pendidikan karakte: Studi Multi Kasus di SD Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya dan SD Yayasan Islam Malik Ibrahim Gresik</title><creator>Ramadhan, Rizky</creator><subject>Pendidikan - Karakter</subject><description>Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya output pendidikan saat ini sangat menghawatirkan, tingkat intelektualitas yang rendah dan karakter yang buruk. Sistem pendidikan menjadikan peserta didik sebagai manusia yang tercabut dari realitanya, guru mendidik mereka menjadi orang lain bukan menjadi dirinya sendiri. Sekolah tidak lagi menjadi sarana menumbuhkan potensi anak didik yang berkarakter akan tetapi menjadikan mereka manusia yang siap cetak untuk kepentingan tertentu seperti halnya robot. Tujuan penelitihan ini yaitu; 1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran humanistik dalam pendidikan karakter, 2) Untuk mengetahui proses penanaman karakter, 3) Untuk mengetahui dampak pembelajara humanistik dalam pendidikan karakter, 4) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat penanaman karakter di SD SAIM (Sekolah Alam Insan Mulia) Surabaya dan SD YIMI (Yayasan Islam Malik Ibrahim) Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus yang menjelaskan tentang bagaimana pembelajaran yang bersifat humanis diterapkan, khususnya dalam menanamkan karakter yang baik kepada seluruh warga sekolah. Sumber-sumber data diperoleh melalui wawancara langsung dengan informan yang terdiri dari warga sekolah, serta hasil observasi pada kedua sekolah tersebut, kemudian melalui studi dokumentasi yang berkaitan dengan subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) SD SAIM Surabaya dan SD YIMI Gresik menerapkan pembelajaran humanistik dengan segala indikatornya, namun ada perbedaan dalam cara penerapannya, 2) Proses penanaman karakter di kedua lembaga ini dilakukan melalui pembiasaan pada kegiatan-kegiatan sekolah yang memiliki nilai-nilai karakter, namun dilakukan dalam bentuk kegiatan yang berbeda-beda, 3) Dampak pembelajaran humanistik dalam pendidikan karakter sangat baik, hal ini berdampak pada penilaian sikap siswa di kedua lembaga baik, kemudian siswa memiliki kesadaran untuk melakukan sikap karakter yang baik, 4) Faktor pendukung penanaman karakter di SD SAIM ialah motivasi anak yang tinggi, sarana mendukung, lingkungan sekolah indah, lingkungan keluarga baik dan komunikasi yang harmonis antara guru dan siswa. Faktor penghambatnya ialah kurangnya perhatian wali murid dan media massa negatif. Sedangkan di SD YIMI yang menjadi faktor pendukung ialah adanya anggaran dana yang cukup, keikut sertaan orang tua, banyaknya dari wali murid yang berprofesi penting, guru berpenampilan dengan baik dan sopan serta adanya hubungan yang baik antara wali kelas dan wali murid. Yang menjadi faktor penghambatnya ialah kurangnya kesadaran siswa, tidak harmonisnya keluarga, krisisnya keteladanan.</description><date>2019-02-21</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/30664/1/Rizky%20Ramadhan_F12316254.pdf</identifier><identifier> Ramadhan, Rizky (2019) Implementasi pembelajaran humanistik dalam pendidikan karakte: Studi Multi Kasus di SD Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya dan SD Yayasan Islam Malik Ibrahim Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>30664</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ramadhan, Rizky
title Implementasi pembelajaran humanistik dalam pendidikan karakte: Studi Multi Kasus di SD Sekolah Alam Insan Mulia Surabaya dan SD Yayasan Islam Malik Ibrahim Gresik
publishDate 2019
topic Pendidikan - Karakter
url http://digilib.uinsby.ac.id/30664/1/Rizky%20Ramadhan_F12316254.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/30664/
contents Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya output pendidikan saat ini sangat menghawatirkan, tingkat intelektualitas yang rendah dan karakter yang buruk. Sistem pendidikan menjadikan peserta didik sebagai manusia yang tercabut dari realitanya, guru mendidik mereka menjadi orang lain bukan menjadi dirinya sendiri. Sekolah tidak lagi menjadi sarana menumbuhkan potensi anak didik yang berkarakter akan tetapi menjadikan mereka manusia yang siap cetak untuk kepentingan tertentu seperti halnya robot. Tujuan penelitihan ini yaitu; 1) Untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran humanistik dalam pendidikan karakter, 2) Untuk mengetahui proses penanaman karakter, 3) Untuk mengetahui dampak pembelajara humanistik dalam pendidikan karakter, 4) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan penghambat penanaman karakter di SD SAIM (Sekolah Alam Insan Mulia) Surabaya dan SD YIMI (Yayasan Islam Malik Ibrahim) Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus yang menjelaskan tentang bagaimana pembelajaran yang bersifat humanis diterapkan, khususnya dalam menanamkan karakter yang baik kepada seluruh warga sekolah. Sumber-sumber data diperoleh melalui wawancara langsung dengan informan yang terdiri dari warga sekolah, serta hasil observasi pada kedua sekolah tersebut, kemudian melalui studi dokumentasi yang berkaitan dengan subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) SD SAIM Surabaya dan SD YIMI Gresik menerapkan pembelajaran humanistik dengan segala indikatornya, namun ada perbedaan dalam cara penerapannya, 2) Proses penanaman karakter di kedua lembaga ini dilakukan melalui pembiasaan pada kegiatan-kegiatan sekolah yang memiliki nilai-nilai karakter, namun dilakukan dalam bentuk kegiatan yang berbeda-beda, 3) Dampak pembelajaran humanistik dalam pendidikan karakter sangat baik, hal ini berdampak pada penilaian sikap siswa di kedua lembaga baik, kemudian siswa memiliki kesadaran untuk melakukan sikap karakter yang baik, 4) Faktor pendukung penanaman karakter di SD SAIM ialah motivasi anak yang tinggi, sarana mendukung, lingkungan sekolah indah, lingkungan keluarga baik dan komunikasi yang harmonis antara guru dan siswa. Faktor penghambatnya ialah kurangnya perhatian wali murid dan media massa negatif. Sedangkan di SD YIMI yang menjadi faktor pendukung ialah adanya anggaran dana yang cukup, keikut sertaan orang tua, banyaknya dari wali murid yang berprofesi penting, guru berpenampilan dengan baik dan sopan serta adanya hubungan yang baik antara wali kelas dan wali murid. Yang menjadi faktor penghambatnya ialah kurangnya kesadaran siswa, tidak harmonisnya keluarga, krisisnya keteladanan.
id IOS2718.30664
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2019-05-05T01:14:14Z
last_indexed 2020-12-11T19:55:53Z
recordtype dc
_version_ 1765779163539570688
score 17.538404