Rancang bangun sistem informasi penilaian kepuasan kualitas layanan menggunakan metode Fuzzy Servqual

Main Author: Taufiqurrochman, Taufiqurrochman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/30378/1/Taufiqurrochman_H76214017.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/30378/
Daftar Isi:
  • Perkembangan Teknologi Informasi telah mendorong berbagai institusi untuk bergerak menuju era industri 4.0, termasuk Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA). Dalam proses pengembangan teknologi informasi, UINSA mengandalkan Pusat Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (PUSTIPD) untuk mengembangkan dan menerapkan sistem informasi sesuai dengan persyaratan kerja di universitas. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas layanan universitas, salah satunya adalah sistem informasi penilaian kepuasan layanan untuk mengukur kinerja unit melalui kepuasan kualitas layanan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi penilaian kepuasan layanan. Metode penilaian kepuasan yang digunakan adalah Fuzzy Service Quality, dengan mempertimbangkan lima dimensi penilaian : tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Adapun tahapan pengembangan sistem informasi didasarkan pada metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation). Sistem informasi yang dikembangkan tidak hanya mampu menilai kepuasan layanan, namun juga menguji validitas dan reliabilitas dari kuisioner penilaian kepuasan yang akan digunakan. Pengujian validitas kuisioner diukur berdasarkan metode Pearson sedangkan pengujian reliabilitas-nya menggunakan metode Split Half. Hasil penilaian kepuasan layanan diklasifikasikan dalam kuadran Importance Performance Analysis (IPA) sehingga dapat membantu pemangku kebijakan dalam menentukan arah kebijakan dimasa mendatang. Untuk melihat kelayakan sistem, dilakukan black box testing oleh pakar dan hasilnya menunjukkan bahwa 80% fungsionalitas sistem telah running sesuai fungsinya. Dengan demikian, sistem informasi ini layak untuk didesiminasikan. Berdasarkan studi kasus penelitian yaitu PUSTIPD, didapatkan hasil penilaian kepuasan layanan sebesar 82,25% dari kuisioner yang dinyatakan valid dan reliabel.