Peningkatan hasil belajar pembelajaran tematik subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku melalui model kooperatif tipe gallery walk pada siswa kelas IV MI Bina Bangsa Surabaya

Main Author: Rosya, Roffa Nurur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/30339/1/Roffa%20Nurur%20rosya_D97215106%20%28Berwatermark%29.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/30339/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas IV MI Bina Bangsa Surabaya pada pembelajaran tematik subtema Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku. Hal tersebut disebabkan oleh siswa yang masih beradaptasi dengan pembelajaran tematik yang ada pada kurikulum baru dan belum pernah dipelajari sebelumnya. Selain itu, proses pembelajaran yang kurang bervariatif mengakibatkan siswa kurang antusias dalam pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti melakukan tindakan perbaikan dalam pembelajaran tematik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui penerapan model kooperatif tipe gallery walk untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran Tematik subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku pada siswa kelas IV MI Bina Bangsa Surabaya. 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik subtema hewan dan tumbuhan di lingkungan rumahku setelah diterapkannya model kooperatif tipe gallery walk di kelas IV MI Bina Bangsa Surabaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Bina Bangsa Surabaya dengan jumlah siswa sebanyak 22 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model kooperatif tipe gallery walk pada pembelajaran tematik di kelas IV MI Bina Bangsa Surabaya dapat dikatakan berhasil dengan kategori sangat baik. Kategori tersebut dapat dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru yang mendapatkan nilai 80,76 (baik) pada siklus I dan meningkat menjadi 95,19 (sangat baik) pada siklus II, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa mendapatkan nilai 77,88 (cukup) pada siklus I dan meningkat menjadi 90,38 (sangat baik) pada siklus II. 2) Hasil belajar siswa pada penelitian ini juga mengalami peningkatan dengan kategori baik. Peningkatan tersebut dapat diketahui dari prosentase ketuntasan belajar siswa. Pada pra siklus sebesar 31,8% (tidak baik) siswa tuntas, kemudian meningkat menjadi 45,4% (tidak baik) pada siklus I dan 86,4% (baik) pada siklus II.