Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Sparkol Videoscribe Terhadap Hasil Belajar dan Sikap Mahasiswa PAI Angkatan 2014 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya
Main Author: | Ridho, Mohammad Ali |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/30235/3/Mohammad%20%20Ali%20Ridho_D71214069.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/30235/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Adapun Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana penerapan media pembelajaran audio-visual sparkol video scribe? (2) Apakah ada pengaruh? (3) Bagaimana pengaruh media pembelajaran audio-visual sparkol videoscribe? Penelitian ini dilatar belakangi Interaksi yang bernilai edukatif dikarenakan kegiatan belajar-mengajar yang dilakukan, diarahkan untuk mencapai tujuan tertentu yang telah dirumuskan sebelum pengajaran dilakukan. Guru dengan sadar merencanakan kegiatan pengajarannya secara sistematis dengan memanfaatkan segala sesuatunya guna kepentingan pengajaran. Adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Pai Angkatan 2014 Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Sunan Ampel Surabaya, dengan jumlah populasi 120 mahasiswa dari kelas A-D. Sampel yang di ambil adalah 60 orang mahasiswa yang berasal dari Kelas A-D. Analisis yang digunakan adalah analisis propotional random sampling, dengan teknik analisis “Regersi Liner” untuk menyatakan adanya pengaruh media pembelajaran audio-visual sparkol videoscribe terhadap hasil belajar dan sikap mahasiswa PAI angkatan 2014 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya.Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan SPSS (Regresi Lenier) dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan media pembelajaran audio-visual sparkol video scribe terhadap mahasiswa PAI Angkatan 2014 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya tergolong adalah 50.3%, (2) pengaruh hasil belajar dan sikap mahasiswa PAI Angkatan 2014 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya adalah 86% dan 71.8% (3) Pengaruh media pembelajaran audio-visual sparkol videoscribe terhadap hasil belajar dan sikap mahasiswa PAI angkatan 2014 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya dengan menggunakan teknik analisis regresi linear sederhana didapatkan Hasil belajar nilai pengaruh sebesar 50.2%. Untuk signifikansi taraf nyata 0,000 < 0,005 Dari tabel anova di atas diperoleh F hitung sebesar 58.576. sedangkan dari hasil sikap nilai pengaruh 50.6%. Untuk signifikansi taraf nyata 0,000 < 0,005 Dari tabel anova di atas diperoleh F hitung sebesar 59.402.