فعالية تطبيق نموذج التعليم لترقية مهارة الكتابة لطلاب الفصل الثامن بمدرسة حسن الدين المتوسطة الإسلامية غيدانجان سيدوارجو

Main Author: Mauludiah, Riskha
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/30171/1/Riskha%20Mauludiah_D72214035.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/30171/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran Bahasa Arab di Mts Hasanuddin memerlukan perhatian lebih. Terutama dalam pembelajaran kitabah. Kemampuan menulis siswa masih rendah. Mereka kesulitan dalam menyusun atau membuat sebuah kalimat. Ditambah dengan guru yang menggunakan metode atau model pembelajaran yang masih klasik. Hal ini menyebabkan siswa merasa bosan dan cenderung tidak menyukai pelajaran Bahasa Arab. Oleh karena itu, peneliti memilih menerapkan model pembelajaran Scramble untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa. Yang mana model pembelajaran tersebut dirasa mampu mengatasi permasalahan kemampuan menulis siswa. Adapun rumusan masalahnya yakni : 1) bagaimana kemampuan menulis siswa kelas VIII Mts Hasanuddin Gedangan Sidoarjo 2) bagaimana penerapan model pembelajaran Scramble untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VIII Mts Hasanuddin Gedangan Sidoarjo 3) bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran Scramble untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VIII Mts Hasanuddin Gedangan Sidoarjo. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode pengumpulan data melalui tes (pre test dan post test), wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun hasil kemampuan siswa dalam kemampuan menulis yakni dalam ranah cukup baik. Penerapan model pembelajaran Scramble juga baik dan sangat membantu dalam meningkatkan kemampuan menulis dalam pembelajaran Bahasa Arab. Terdapat efektivitas penerapan model pembelajaran Scramble untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas VIII Mts Hasanuddin Gedangan Sidoarjo karena penilaian T-hitung lebih besar dari T-tabel dan ini menunjukkan bahwa hipotesis Ho ditolak dan hipotesis Ha diterima.