فعالية استخدام وسيلة القصة المتقاطعة لترقية مهارة الكلام لطلاب الصف الثّامن بمدرسة "حسن الدين" المتوسطة الإسلامية غيدانغان سيدوارجو

Main Author: Hidayah, Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/30140/1/Nurul%20Hidayah_D92214088.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/30140/
Daftar Isi:
  • Media pembelajaran yang membantu pengajaran membaca melalui pembelajaran yang efektif dan menarik. Guru dalam memilih dan menggunakan media pembelajaran bukan hanya mudah dan murah saja tetapi media pembelajaran yang digunakan yang dapat memberi manfaat yang dapat meningkatkan pembelajaran kemahiran berbicara. Media Strip Story yang dimaksud adalah media pembelajaran yang berbentuk kartu potongan-potongan kertas sebagai alat bantu yang dapat membantu proses kemahiran berbicara siswa. Setiap siswa diminta untuk menyusun kartu yang berisi potongan cerita menjadi cerita lengkap. Melalui penelitian ini, peneliti bertujuan untuk mengetahui Efektifitas Penggunaan Media Strip Story ini, dengan rumusan masalah sebagai berikut : 1. bagaimana keterampilan berbicara siswa kelas 8 MTs Hasanuddin Gedangan Sidoarjo? 2. bagaimana penggunaan media Strip Story dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 8 MTs Hasanuddin Gedangan Sidoarjo? 3. bagaimana efektifitas penggunaan media Strip Story dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 8 MTs Hasanuddin Gedangan Sidoarjo?. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan instrumen penelitian berupa 1. Observasi , 2.Wawancara, 3. Angket dan 4. Test. Untuk menganalisis data yang diperoleh dari 30 siswa kelas VIII A di Madrasah Tsanawiyah Hasanuddin Gedangan Sidoarjo menggunakan Pre Test dan Post Test. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran Strip Story efektif untuk meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas VIII A di Madrasah Tsanawiyah Hasanuddin Gedangan Sidoarjo. Pernyataan ini berdasarkan hasil dari analisis dengan menggunakan rumus T-test dengan hasil : T-test (11,8) sedangkan T-tabel (1,669 dan 2,462). Maka H0 ditolak dan Ha diterima.