Peningkatan pemahaman materi Hijrah Sahabatnabi Muhammad SAW ke Habasyah mata pelajaran SKI melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Picture and Picturesiswa Kelas IV MI h. Achmad Ali Surabaya

Main Author: Aisyah, Siti Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/30067/3/Siti%20Nur%20Aisyah_D07215041.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/30067/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penulisan ini berdasarkan realita di lapangan bahwa kreativitas guru saat proses pembelajaran masih rendah. Menyebabkan siswa malas, siswa kurang antusias terhadap pembelajaran, banyak siswa yang bergurau dengan siswa yang lain, ada juga yang asyik bermain dengan permainannya. Sehingga pemahaman siswa terhadap materi hijrah nabi Muhammad Saw ke Habasyah masih sangat rendah. Berdasarkan data awal yang diperoleh peneliti dari 35 siswa hanya ada 10 siswa yang berhasil mencapai nilai KKM dan 25 siswa lainnya belum mencapai KKM (70). Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture untuk meningkatkan pemahaman materi hijrah sahabat nabi Muhammad Saw ke Habasyah mata pelajaran SKI siswa kelas IV MI H. Achmad Ali Surabaya? (2) Bagaimana peningkatan pemahaman materi hijrah sahabat nabi Muhammad Saw ke Habasyah mata pelajaran SKI melalui model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture siswa kelas IV MI H. Achmad Ali Surabaya? Metode penelitian yang digunakan adalah PTK model Kurt Lewin dengan subjek penelitian 35 siswa dan tempat penelitian di MI H. Achmad Ali Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran yang meliputi empat tahap: Planning, Acting, Observing, Reflecting. Pengumpulan data diperoleh melalui wawancara, observasi aktivitas guru dan siswa, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan perolehan skor observasi aktivitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan, yaitu skor observasi aktivitas guru pada siklus I mendapat skor 71,42, menjadi 85,71 (baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil observasi aktivitas siswa saat pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture terdapat peningkatan nilai akhir pada tiap siklusnya, yaitu dari 66,66 pada siklus I, menjadi 80 (baik) pada siklus II. Peningkatan pemahaman materi hijrah sahabat nabi Muhammad Saw ke Habasyah pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai pemahaman siswa siklus I hanya 63,37 dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 51,4%. Kemudian rata-rata nilai belajar siswa meningkat pada siklus II rata-rata nilai belajar mencapai 77,62 dengan persentase ketuntasan belajar 91,42% (sangat baik).Sehingga terjadi peningkatan persentase ketuntasan dari siklus I ke siklus II sebesar 39,70%.