إعداد كتاب تعليم اللغة العربية لتنمية مهاراتها الأربع (البحث والتطوير لطلاب الصف الثاني في مدرسة الكوثر المتوسطة الإسلامية بسدوارجو)

Main Author: Mustakim, Mustakim
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/30046/1/Mustakim_F12616314.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/30046/
Daftar Isi:
  • Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Al-Kautsar Boarding School Sidoarjo menggunakan kitab “Arabiyah Baina Yadaika”. Kitab yang digunakan ini, peneliti menemukan beberapa kekurangan di antaranya, terlalu banyaknya bahan ajar yang sulit dan membosankan karena bukan tingkatan mereka. Oleh karena itu hal tersebut menjadikan para peserta didik tidak mampu memahami keterampilan berbahasa ini dengan baik. Sehingga banyak dari mereka salah dan kesulitan dalam pengucapan dan ketika memahami teks-teks bahasa Arab. Untuk memudahkan siswa dalam belajar Bahasa Arab maka peneliti berusaha membuat buku Pembelajaran Bahasa Arab yang sesuai dengan tingkatan mereka dan keefektifan penggunaannya pada siswa dalam pengembangan keterampilan berbahasa.Adapun Hasil dari Penelitian ini: Bahwasanya Buku Pembelajaran untuk keterampilan bahasa untuk kelas VIII di MTs Al-Kautsar Boarding School tambah meningkat. Bahwasanya hasil nilai siswa setelah Pengembangan Buku Pembelajaran lebih besar daripada nilai sebelumnya. Hal ini didasarkan pada hasil tes yang mana terdapat peningkatan dari 73,96 % pada nilai pretest dan 93,67 % pada nilai posttest, dan pada hasil t-test yang mana t-hasil perhitungan yaitu 9,78 lebih besar dari t-jadwal 5 % yaitu 2,05 dan hasil ini dikuatkan dengan hasil angket dan wawancara. Berdasarkan hasil nilai-nilai di atas yang diperoleh dari para siswa nilai pretest dan nilai post Test, nilai t-hitung dan t-tabel, nilai angket dan wawancara, bahwasanya Penggunaan Buku Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa di kelas VIII MTs Al-Kautsar Boarding School Sidoarjo adalah efektif.