Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye

Main Author: Qulub, Mohammad Tanwirul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/30045/1/Mohammad%20Tanwirul%20Qulub_D71213110.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/30045/
ctrlnum 30045
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://digilib.uinsby.ac.id/30045/</relation><title>Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye</title><creator>Qulub, Mohammad Tanwirul</creator><subject>Akhlak</subject><subject>Pendidikan</subject><description>Novel Moga Bunda Disayang Allah, merupakan Novel yang dikarang oleh Tere Liye, Novel ini menceritakan seorang anak bernama Melati penderita buta dan tuli untuk bisa mengenali dunia, dan juga perjuangan seorang pemuda bernama Karang untuk bisa keluar dari perasaan bersalah setelah kematian 18 anak didiknya dalam kecelakaan kapal. Melati tidak pernah mendapatkan cara untuk mengenal apa yang ingin dikenalnya. Bahkan tim dokter ahli yang diundang oleh orang tuanya belum berhasil menyembuhkann Melati. lalu keajaiban datang ketika air mancur membasuh lembut telapak tangan Melati. Melati merasakan aliran air di sela jemarinya. Saat itulah untuk pertama kalinya Karang melihat Melati tertawa. Karang akhirnya mengerti, melalui telapak tangan tersebut Melati dapat mengenali dunia. Fokus dalam penelitian ini adalah nilai-nilai akhlak dalam novel Moga Bunda Disayang Allah.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1.Bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Moga Bunda Disayang Allah, 2.Bagaimana karakteristik tokoh dalam novel Moga Bunda Disayang Allah dan 3.Bagaimana relevansi nilai-nilai akhlak dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah dengan pendidikan. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah; 1. Untuk mengetahui nilai akhlak yang terkandung dalam novel Moga Bunda Disayang Allah, 2. Mengetahui karakteristik tokoh dalam novel, dan 3. Menjelaskan relevansi nilai akhlak yang terkandung dalam novel dengan pendidikan Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sedangkan untuk pendekatanya, penelitian ini menggunakan pendekatan hermeneutik yang secara gampangnya berarti menafsirkan. Analisis ini juga menggunakan teori Relevansi sebagai pisau analisa guna mencari kecocokan konsep.Nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye yaitu; 1.Akhlak terhadap Allah,2. Akhlak terhahap Diri sendiri, 3. Akhlak terhadap Keluarga, 4. Akhlak terhadap Sesama nilai-nilai tersebut bisa kita ketahui dari penokohan dalam novel.</description><date>2019-02-13</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://digilib.uinsby.ac.id/30045/1/Mohammad%20Tanwirul%20Qulub_D71213110.pdf</identifier><identifier> Qulub, Mohammad Tanwirul (2019) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya. </identifier><recordID>30045</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Qulub, Mohammad Tanwirul
title Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye
publishDate 2019
topic Akhlak
Pendidikan
url http://digilib.uinsby.ac.id/30045/1/Mohammad%20Tanwirul%20Qulub_D71213110.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/30045/
contents Novel Moga Bunda Disayang Allah, merupakan Novel yang dikarang oleh Tere Liye, Novel ini menceritakan seorang anak bernama Melati penderita buta dan tuli untuk bisa mengenali dunia, dan juga perjuangan seorang pemuda bernama Karang untuk bisa keluar dari perasaan bersalah setelah kematian 18 anak didiknya dalam kecelakaan kapal. Melati tidak pernah mendapatkan cara untuk mengenal apa yang ingin dikenalnya. Bahkan tim dokter ahli yang diundang oleh orang tuanya belum berhasil menyembuhkann Melati. lalu keajaiban datang ketika air mancur membasuh lembut telapak tangan Melati. Melati merasakan aliran air di sela jemarinya. Saat itulah untuk pertama kalinya Karang melihat Melati tertawa. Karang akhirnya mengerti, melalui telapak tangan tersebut Melati dapat mengenali dunia. Fokus dalam penelitian ini adalah nilai-nilai akhlak dalam novel Moga Bunda Disayang Allah.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1.Bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak dalam novel Moga Bunda Disayang Allah, 2.Bagaimana karakteristik tokoh dalam novel Moga Bunda Disayang Allah dan 3.Bagaimana relevansi nilai-nilai akhlak dalam Novel Moga Bunda Disayang Allah dengan pendidikan. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah; 1. Untuk mengetahui nilai akhlak yang terkandung dalam novel Moga Bunda Disayang Allah, 2. Mengetahui karakteristik tokoh dalam novel, dan 3. Menjelaskan relevansi nilai akhlak yang terkandung dalam novel dengan pendidikan Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Sedangkan untuk pendekatanya, penelitian ini menggunakan pendekatan hermeneutik yang secara gampangnya berarti menafsirkan. Analisis ini juga menggunakan teori Relevansi sebagai pisau analisa guna mencari kecocokan konsep.Nilai-nilai akhlak yang terkandung dalam novel Moga Bunda Disayang Allah karya Tere Liye yaitu; 1.Akhlak terhadap Allah,2. Akhlak terhahap Diri sendiri, 3. Akhlak terhadap Keluarga, 4. Akhlak terhadap Sesama nilai-nilai tersebut bisa kita ketahui dari penokohan dalam novel.
id IOS2718.30045
institution UIN Sunan Ampel Surabaya
affiliation ptki.onesearch.id
institution_id 285
institution_type library:university
library
library Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya
library_id 456
collection Koleksi Digital UIN Sunan Ampel
repository_id 2718
subject_area Filsafat
Psikologi
Teknik Kimia
city KOTA SURABAYA
province JAWA TIMUR
shared_to_ipusnas_str 1
repoId IOS2718
first_indexed 2019-05-05T01:14:08Z
last_indexed 2020-12-11T19:55:44Z
recordtype dc
_version_ 1765779161832488960
score 17.538404