Peningkatan hasil belajar akidah akhlak materi akhlak terpuji melalui model pembelajaran kooperatif tipe index card match pada siswa kelas III MI Khoirul Huda Sidoarjo
Main Author: | Tyas, Dwi Ayuning |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/29976/3/Dwi%20Ayuning%20Tyas_D97215088.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/29976/ |
Daftar Isi:
- Hasil belajar yang rendah pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Akhlak Terpuji menjadi latar belakang adanya penelitian ini. Penyampaian materi oleh guru masih belum bervariasi dan belum disesuaikan dengan karakteristik siswa. Hal ini menjadi penyebab hasil belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak materi Akhlak terpuji tergolong rendah. Model pembelajaran kooperatif tipe index card match diterapkan bertujuan memberikan perbaikan hasil belajar pada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match dalam meningkatkan hasil belajar akidah akhlak materi akhlak terpuji pada siswa kelas III MI Khoirul Huda Sidoarjo? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak materi akhlak terpuji setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe index card match pada siswa kelas III MI Khoirul Huda Sidoarjo? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match dalam rangka meningkatkan hasil belajar akidah akhlak materi akhlak terpuji pada siswa kelas III MI Khoirul Huda Sidoarjo. 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak materi akhlak terpuji setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe index card match pada siswa kelas III MI Khoirul Huda Sidoarjo. Penelitian ini dilakukan menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari 2 siklus. Penelitian dilaksanakan di MI Khoirul Huda Sidoarjo pada siswa kelas III yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe index card match dapat meningkatkan aktivitas guru dengan perolehan nilai 84,61 (baik) pada siklus I menjadi 95,37 (sangat baik) pada siklus II. 2) Aktivitas siswa dengan perolehan nilai 75 (cukup baik) pada siklus I meningkat menjadi 90,74 (sangat baik) pada siklus II. 3) Peningkatan hasil belajar dengan perolehan nilai rata-rata 77,72 (cukup) pada siklus I meningkat menjadi 89,69 (baik) pada siklus II. 4) Persentase ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 56% (tidak baik) meningkat menjadi 95,65% (sangat baik) pada siklus II.