Peningkatan Pemahaman Mufradat Materi Ashab Al-Mihnah Mata Pelajaran Bahasa Arab Menggunakan Media Flash Card Di Kelas IV MINU 16 Menara Bawean Gresik

Main Author: Nisa, Khairatun
Format: Thesis PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/29934/1/Khairatun%20Nisa_D07215021.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/29934/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman siswa pada pembelajaran bahasa Arab materi Ashab Al-Mihnah kelas IV MINU 16 Menara Bawean Gresik. Hal ini dapat diketahui dari jumlah 14 siswa, 3 siswa saja yang mendapatkan nilai tuntas. sedangkan 11 siswa lainnya belum mencapai nilai tuntas. Media flash card ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui langkah-langkah kegiatan yang menarik, menyenangkan, dan dapat membangkitkan rasa antusias siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pemahaman mufradat bahasa Arab materi Ashab Al-Mihnah kelas IV MINU 16 Menara Bawean Gresik sebelum menggunakan media Flash card. 2) Mengetahui penerapan media flash card untuk meningkatkan pemahaman mufradat bahasa Arab materi Ashab Al-Mihnah kelas IV MINU 16 Menara Bawean Gresik. 3) Mengetahui peningkatan pemahaman media flash card untuk meningkatkan pemahaman mufradat bahasa Arab materi Ashab Al-Mihnah kelas IV MINU 16 Menara Bawean Gresik. Media penelitian ini menggunakan media penelitian tindakan kelas dengan model PTK Kurt Lewin. Subjek penelitian ini terdiri dari 14 siswa kelas IV MINU 16 Menara Bawean Gresik. Dalam tindakan ini menggunakan dua siklus (siklus I dan siklus II). Pada tekniik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, penilaian Tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan media Flash card pada materi Ashab Al-Mihnah mata pelajaran bahasa Arab dilakukan 2 siklus. Hasil dari observasi aktivitas guru pada siklus I dengan nilai 87,5 (Baik) dan pada siklus II menjadi meningkat dengan nilai 94,44 (Sangat Baik). Sedangkan hasil dari observasi siswa pada siklus I dengan nilai 73 (Baik) dan pada siklus II menjadi meningkat dengan nilai 92,06 (Sangat Baik). 2) Adapun peningkatan persentase ketuntasan pemahaman siswa pada Pra Siklus dengan nilai 21,42% (Sangat Kurang), Siklus I dengan nilai 50% (Sangat Kurang), dan Siklus II semakin meningkat menjadi 92,85% (Sangat Baik).