فعالية تطبيق التعليم التعاوني "TGT" لترقية مهارة الكتابة و الكلام لدى طلاب الفصل الثامن "أ" بمدرسة السلفية المتوسطة الإسلامية تانجولانجين سيدوارجو

Main Author: Afifani, Maiyana Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/29924/1/Maiyana%20Nur%20Afifani_D02214010.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/29924/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran bahasa arab di Mts.Salafiyah mengalami kekurangan metode pembelajaran khususnya pada keterampilan menulis dan berbicara. Sebab itu banyak siswa yang merasa sulit dalam proses belajar mengajar dan kurangnya semangat untuk meningkatkan kemampuannya dalam belajar bahasa arab. Dan permasalahannya adalah mereka kesulitan memahami tulisan dan menyampaikan sebuah pendapat pada teman-temannya, dan mereka membutuhkan metode untuk mengurangi problem dan membantunya pada keterampilan menulis dan membaca, maka peneliti menerapkan metode kooperatife learning type TGT untuk meningatkan keterampilan menulis siswa Mts.Salafiyah Tanggulangin Sidoarjo. Adapun rumusan masalah pada pembahasan ini adalah : 1. Bagaimana kemampuan maharoh kitabah dan kalam siswa kelas VIII A1 di sekolah MTs.salafiyah tanggulangin sidoarjo? 2. Bagaimana penerapan cooperatif learning type TGT untuk meningkstksn msharoh kitabah dan kalam siswa kelas VIII A1 di Mts.Salafiyah Tanggulangin Sidoarjo? 3. Bagaimana efektifitas penerapan cooperatif learning type TGT untuk meningkatkan maharah kitabah dan kalam siswa kelas VIII “A1” di Mts. Salafiyah Tanggulangin sidoarjo? Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan menggunanakan t tes. Adapun metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan angket untuk menganalisis data penerapan metode cooperatife learning type Tgt di kelas VIII “A1” di Mts.Salafiyah Tanggulangin Sidoarjo. Untuk mengetahui peningkatan dalam maharoh kitabah dan kalam dalam penerapan metode tersebut dapat diketahui dengan rumus “T tes” yang hasilnya T hitung 14 dan T tabel 1,790 (H0) ditolak dan (Ha) diterima dari perhitungan tersebut dapat diketahui bahwasannya ada perbedaan nilai dari nilai pretest dan postest yang telah dilakukan oleh penulis dalam penerapan cooperatif learning type “TGT” untuk meningkatkan maharoh kitabah dan kalam siswa kelas VIII A di sekolah Mts Salafiyah tanggulangin sidoarjo