فعّالية تطبيق نموذج التعليم Reciprocal Teaching لترقية مهارة القراءة لطلاب الصف العاشر بالمدرسة " منشأ العلوم " الثانوية الإسلامية سناداجا بسيان بمكاسان

Main Author: Maulana, Herman
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/29850/1/Herman%20Maulana_D72213047.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/29850/
Daftar Isi:
  • Dalam mempelajari bahasa arab diperlukan model pembelajaran yang mampu menjadikan kegiatan belajar semakin baik dan meningktkan hasil belajar. Namun, dalam kenyataannya pengunaan model pembejaran masih sangat kuranag khusunya dalam mmepelajari maharah qiro’ah. Sebagian besar siswa merasakan kesulitan dalam maharah qiroa’ah serta memahami teks. Selain itu, penggunaan model pembelajaran yang membosankan dan kurang variatif menjadikan siswa kurang bersemangat atau tidak termotivasi untuk mempelajari materi pelajatran. Untuk itu, peneliti memerlukan perencanaan kegiatan pembelajaran yang terdiri dari 3 kegiatan, yaitu kegiatan awal, inti, dan akhir dalam menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa. Melalui penelitian ini, peneliti bermaksud untuk mengetahui efektifitas penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas X di Madrasah Aliyah Mansyaul ‘Ulum Sanadaya Pasean Pamekasan, dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1. Bagaimana kemampuan membaca siswa kelas? 2. Bagaimana penerapan pembelajaran maharaah qiroa’ah dengan menggunakan model pemelajaran Reciprocal Teaching untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa? 3. Bagaimana efektifitas penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa ?. adapun penelitian ini adalah penelitian kuantitatif melalui instrument penelitian wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data yang diperoleh dari 33 siswa Kelas X di Madrasah Aliyah Mansyaul “Ulum Sanadaya Pasean Pamekasan, maka digunakan T-test. Terdapat efektifitas penerapann model pembelajaran Reciprocal Teaching untuk meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas X di Madrasah Aliyah Mansyaul ‘Ulum Sanadaya Pasean Pamekasan. Melalui hasil analisis T-test diperoleh nilai T- hitung lebih besar daripada T-tabel yaitu : 6.464 > 2.036. Sehingga menunjukkan bahwa Ho ditolak sedangkan Ha diterima.