Peningkatan keterampilan menulis karangan melalui strategi pembelajaran picture and picture materi lingkungan siswa kelas III MI Islamiyah Kramat Jegu Sidoarjo

Main Author: Putri, Melati Deasi Aneka
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/29740/1/Melati%20Deasi%20Aneka%20Putri_D97215064.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/29740/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya keterampilan menulis siswa dalam materi menulis karangan bab lingkungan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Hal tersebut disebabkan oleh pembelajaran yang hanya menggunakan metode ceramah dan kurang bervariatif mengakibatkan rendahnya keterampilan menulis siswa dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti melakukan tindakan perbaikan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi menulis karangan bab lingkungan dengan menggunakan strategi pembelajaran picture and picture.Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui penerapan strategi pembelajaran picture and picture pada materi lingkungan siswa kelas III MI Islamiyah Kramat Jegu Sidoarjo. (2) Mengetahui peningkatan keterampilan menulis dengan menggunakan strategi pembelajaran Picture and Picture pada materi lingkungan siswa kelas III MI Islamiyah Kramat Jegu Sidoarjo.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kurt Lewin. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 4 tahap, yakni perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas III MI Islamiyah Kramat Jegu Sidoarjo dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa yang terdiri dari 17 laki-laki dan 17 perempuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, produk, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan strategi pembelajaran picture and picture pada siswa kelas III MI Islamiyah Kramat Jegu Sidoarjo dapat dikatakan berhasil dengan kategori sangat baik. Kategori tersebut dapat dibuktikan dengan hasil observasi aktivitas guru dan siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hasil observasi aktivitas guru mendapatkan nilai 70 (Kurang) pada siklus I dan meningkat menjadi 95 (Sangat Baik) pada siklus II, sedangkan hasil observasi aktivitas siswa mendapatkan nilai 68,75 (Kurang) pada siklus I, dan meningkat menjadi 96,87 (Sangat Baik) pada siklus II. (2) Keterampilan menulis karangan siswa pada penelitian ini juga mengalami peningkatan dengan kategori baik. Peningkatan tersebut dibuktikan dari persentase ketuntasan belajar siswa. Pada pra siklus sebesar 50% (Kurang), meningkat menjadi 61,64% (Kurang) pada siklus I dan 79,4% (Baik) pada siklus II. Rata-rata kelas meningkat siklus I yaitu 74,7 (Kurang) menjadi 80,1 (Baik) pada siklus II.