Strategi komunikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Bangkalan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada pelaksanaan pilkada serentak 2018
Main Author: | Zaenab, Siti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/29709/1/Siti%20Zaenab_B76214051.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/29709/ |
Daftar Isi:
- Persoalan pokok yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu: bagaimana strategi komunikasi KPUD Kabbupaten Bangkalan dalam meningkatkan tingkat partisipasi, Untuk mengungkap persoalan tersebut secara menyeluruh dan mendalam, dalam penelitian ini digunakanlah metode deskriptif yang berguna untuk memerikan fakta dan data mengenai strategi kpud dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih, kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan model strategi komunikasi John Middleton. Dari basil penelitian ini ditemukan bahwa Analisis dan segmentasi khalayak juga harus dilaksanakan dengan menentukan siapa target sasaran program yang sedang dijalankan. Analisis ini sangat penting karena bentuk perencanaan akan sangat bergantung pada tipe publik yang dihadapi. Pemrogram komunikasi setidaknya harus memilah publik menjadi tiga kelompok. Pertama, Latent Public yaitu kelompok yang menghadapi masalah dan tetapi tidak mempunyai perhatian lebih. Kedua, adalah aware public, yaitu kelompok yang bertanggung jawab terhadap masalah. Sedangkan yang terakhir adalah active public yaitu kelompok yang melakukan tindakan terhadap masalah, seperti memetakan tipologi pemilih melalui kecenderungan khalayak. Pemilihan media sangat penting dilakukan dengan memperhatikan tiap tahap sosialisasi yang dilakukan oleh KPUD. Proses itupun mengalami hambatan yang paling berat yakni kesadaran politik masyrakat yang masih terbilang minim.