Pengaruh Bauran Marketing Communication terhadap keputusan jama'ah dalam membeli paket Umroh Di PT. Mina Wisata Islami Surabaya

Main Author: Awalin, Aisyahtul Adiba Ismania
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/29404/2/Aisyahtul%20Adiba%20Ismania%20Awalin_B94215045.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/29404/
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bauran marketing communication (advertising, sales promotion, personal selling, publisitas, dan direct marketing) terhadap keputusan jama’ah secara simultan maupun secara parsial di PT. Mina Wisata Islami Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis hipotesis asosiatif. Cara yang digunakan peneliti dalam menjawab tujuan tersebut adalah dengan menggunakan uji regresi linier berganda. Penelitian ini menggunakan metodelogi kuantitatif dengan jenis hipotesis asosiatif. Penelitian ini berlokasi di PT. Mina Wisata Islami Surabaya dengan jumlah 75 responden. Hasil penelitian ini akan membuktikan 6 hipotesis. Hipotesis pertama menunjukkan bahwa advertising (X1) terhadap keputusan jama’ah (Y) berpengaruh signifikan dengan p value 0.000 dan nilai hubungan sebesar 0.506. Hipotesis kedua menunjukkan bahwa sales promotion (X2) terhadap keputusan jama’ah (Y) berpengaruh signifikan dengan p value 0.000 dan nilai hubungan sebesar 0.445. Hipotesis ketiga menunjukkan bahwa personal selling (X3) terhadap keputusan jama’ah (Y) berpengaruh signifikan dengan p value 0.000 dan nilai hubungan sebesar 0.522. Hipotesis keempat menunjukkan bahwa publisitas (X4) terhadap keputusan jama’ah (Y) berpengaruh signifikan dengan p value 0.000 dan nilai hubungan sebesar 0.537. Hipotesis kelima menunjukkan bahwa direct marketing (X5) terhadap keputusan jama’ah (Y) berpengaruh signifikan dengan p value 0.000 dan nilai hubungan sebesar 0.545. Hipotesis keenam menunjukkan bahwa marketing communication (advertising (X1), sales promotion (X2), personal selling (X3), publisitas (X4), dan direct marketing (X5) ) berpengaruh terhadap keputusan jama’ah (Y) berpengaruh signifikan dengan value 0.000. Model regresi yang digunakan peneliti dapat digunakan sebagai prediksi keputusan jama’ah dalam member paket umroh dengan bauran marketing communication yang meliputi advertising, sales promotion, personal selling, publisaitas, dan direct marketing pada masa yang akan datang. Hal ini dikarenakan nilai SEE lebih kecil daripada nilai simpangan baku. Nilai SEE sebesar 2.81474 dan nilai simpangan baku sebesar 3.65282.