Pengembangan kurikulum PAI untuk membentuk anak sholeh bagi anak usia dini: studi multi kasus di TK Al Fath dan TK Raden Paku Surabaya
Main Author: | Marzuqi, Ahmad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/28946/3/Ahmad%20Marzuqi_F12315197.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/28946/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan Islam merupakan salah satu ikhtiar untuk melahirkan generasi yang unggul. Diantara sarana untuk mencapai hal tersebut adalah dengan memperhatikan kurikulum pendidikan yang digunakan. Kurikulum sebagai salah satu pokok acuan dalam melaksanakan pendidikan. Kurikulum yang penulis teliti adalah kurikulum Pendidikan Agama Islam yang dikembangkan oleh lembaga. Dalam hal ini guru, pengurus yayasan, komite sekolah, tokoh masyarakat serta wali murid. Lembaga yang menjadi obyek penelitian adalah TK Al-Fath dan TK Raden Paku Surabaya. TK Al-Fath dan TK Raden Paku Surabaya adalah salah satu diantara lembaga pendidikan yang berbasis nilai – nilai keislaman yang otomatis kurikulum yang digunakan dikembangkan sendiri sesuai dengan visi dan misi lembaga. Dengan tetap mengacu terhadap kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Berangkat dari hal tersebut diatas, penelitian ini menghasilkan rumusan masalah 1. Bagaimana proses perencanaan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk membentuk anak sholeh di TK Al-Fath Surabaya dan TK Raden Paku Surabaya? 2. Bagaimana dokumen kurikulum PAI yang dihasilkan dalam membentuk anak sholeh di TK Al-Fath Surabaya dan TK Raden Paku Surabaya? 3. Bagaimana implementasi kurikulum PAI dalam membentuk anak sholeh di TK Al-Fath Surabaya dan TK Raden Paku Surabaya? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan Dokumentasi, Observasi dan Wawancara mendalam. Yang menjadi sumber utama adalah Kepala TK Al-Fath dan TK Raden Paku, Dewan Guru TK Al-Fath dan TK Raden Paku, Wali Murid TK Al-Fath dan TK Raden Paku, Siswa TK Al-Fath dan TK Raden Paku, Kurikulum PAI TK Al-Fath dan TK Raden Paku dan Dokumentasi proses pengembangan kurikulum PAI di TK Al-Fath dan TK Raden Paku. Sedangkan data tambahan mencakup sejarah berdirinya sekolah, visi dan misi sekolah, kondisi geografis, struktur organisasi, kondisi guru, kondisi siswa serta kondisi sarana prasarana. Sedangkan dalam analisa data penulis menggunakan teknik analisis data Trianggulasi. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan secara umum bahwa kegiatan proses perencanaan pengembangan kurikulum PAI, dokumen kurikulum PAI yang dihasilkan dan implementasi kurikulum PAI di TK Al-Fath dan TK Raden Paku telah dilaksanakan dengan sangat baik sehingga menghasilkan anak‐anak yang sholeh, cerdas dan mandiri.