Pengaruh metode Beyond Centres and Circles Time (BCCT) terhadap perkembangan anak usia dini di Play Group Plus Al-Afkar Bungurasih Waru Sidoarjo

Main Author: Aminulloh, Wasis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/28884/1/Wasis%20Amanulloh_D11304095.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/28884/
http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28884
Daftar Isi:
  • Penelitian yang dilakukan dalam mengkaji Pengaruh Metode Beyond Centres And Circles Time Terhadap Perkembangan Anak Di Play Group Plus Al-Afkar Bungurasih Waru Sidoarjo ini dengan tujuan untuk mengetahui Bagaimana pelaksanaan metode pembelajaran Beyond Centers and Circles Time (BCCT) di Play Group Plus Al-Afkar Bungurasih Sidoarjo? Bagaimana perkembangan anak usia dini di Play Group Plus Al-Afkar Bungurasih Sidoarjo?Apakah metode pembelajaran Beyond Centers and Circles Time (BCCT) berpengaruh terhadap perkembangan anak usia dini di Play Group Plus Al-Afkar Bungurasih Sidoarjo?Populasi dalam penelitian ini berjumlah 15 orang yang diambil dari sebagian jumlah orang tua anak didik Play Group Plus Al-Afkar Bungurasih Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian data dianalisa menggunakan rumus statistik yaitu rumus persentase, median dan rumus Produk Moment agar mendapatkan hasil penganalisaan data secara aktual dan mendalam sesuai dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa penerapan metode Pembelajaran Beyond Centres and Circles Time di Play Group Plus Al-Afkar Bungurasih Sidoarjo dalam proses pelaksanaannya dapat berjalan efektif dan efisien atau tergolong baik, karena hasil perhitungan prosentase menunjukkan antara 76%-100% yang tepatnya yaitu 91,3%. Dan peningkatan perkembangan anak usia dini di Play Group Plus AlĀ­ Afkar Bungurasih Sidoarjo setelah diterapkan metode Beyond Centres and Circles Time mengalami perkembangan yang optimal, hal ini berdasarkan hasil perhitungan prosentase pada peritem pertanyaan nilai yang diperoleh antara 76%-100% tepatnya yaitu sebesar 90,6 %. Sedangkan dalam pengaruh pengaruh metode Pembelajaran Beyond Centres and Circles Time (BCCT) terhadap perkembangan Anak Usia Dini di Play Group Plus Al-Afkar Bungurasih Sidoarjo mempunyai implikasi (dampak/pengaruh) yang positif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa pada bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam katagori agak rendah. Hal ini, berdasarkan dari hasil penghitungan product moment, hasil yang di peroleh adalah 0,524 dan pada tabel interpretasi barada pada nilai r = 0,400 - 0,600 menunjukkan bahwa antara variabel X dan Y terdapat pengaruh agak rendah.