Analisis proses menyelesaikan masalah aljabar menggunakan Onto Semiotic Approach (OSA) siswa dibedakan berdasarkan gaya kognitif

Main Author: Ula, Muhammad Faizul Humami
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/28742/1/Muhammad%20Faizul%20Humami%20Ula_D04214014.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/28742/
Daftar Isi:
  • Proses menyelesaikan masalah aljabar menggunakan Onto Semiotic Approach (OSA) adalah proses menemukan jawaban soal non rutin tentang aljabar menggunakan pendekatan pemecahan masalah yang memperhatikan makna dari objek matematika. OSA memiliki langkah-langkah menyelesaikan masalah yang meliputi: (a) Mengidentifikasi masalah dan rencana penyelesaian yang dapat dilakukan, (b) Mendeskripsikan penyelesaian secara matematik, (c) Mendeskripsikan kesimpulan akhir penyelesaian. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui secara rinci proses menyelesaikan masalah aljabar menggunakan OSA siswa bergaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang diambil dari siswa kelas VIII-A di MTs Negeri 1 Sidoarjo pada semester Genap tahun ajaran 2017/2018 yang telah diberikan Group Embedded FiguresTest (GEFT) untuk membedakan siswa bergaya kognitif FI dan FD. Pengumpulan data dengan tugas tertulis dan wawancara. Tugas tertulis dan wawancara dianalisis berdasarkan indikator proses menyelesaikan masalah aljabar menggunakan OSA. Objek matematika dalam OSA untuk menyelesaikan masalah menurut Juan D. Godino dan tahapan proses menyelesaikan masalah berdasarkan Vicenc Font. Berdasarkan tujuan penelitian, hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah deskripsi proses menyelesaikan masalah aljabar siswa bergaya kognitif field independent dan field dependent pada setiap objek matematika yang meliputi bahasa, konsep, prosedur, komputasi, proposisi, dan argumen yang terdapat di setiap tahapan menyelesaikan masalah. Selain itu, diperoleh juga perbedaan dan persamaan proses menyelesaikan masalah aljabar menggunakan OSA siswa bergaya kognitif field independent dan field dependent.