Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe bamboo dancing berbasis keunggulan lokal Banyuwangi untuk melatihkan life skill siswa

Main Author: A'yun, Naila Qurrotin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/28671/7/Naila%20Qurrotin%20A%27yun_D94214106.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/28671/
Daftar Isi:
  • Pengembangan perangkat pembelajaran matematika model kooperatif tipe bamboo dancing berbasis keunggulan lokal Banyuwangi bertujuan untuk mendeskripsikan tingkatan life skill siswa setela mengikuti proses pembelajaran dan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan perangkat pembelajaran yang telah dikembangkan. Perangkat yang dikembangkan berupa RPP dan LKS dan mengacu pada model pengembangan Plom. RPP dan LKS diujicobakan di MTs Darul Manja Glenmore kelas VIII-C semester ganjil tahun 2018-2019 pada tanggal 15 Oktober 2018 untuk mengetahu Hasil penelitian menunjukkan bahwa RPP yang dikembangkan masuk kategori valid dengan rata-rata total kevalidan 3,33 dan LKS yang dikembangkan masuk kategori valid dengan rata-rata 3,29. Masing-masing perangkat pembelajaran dinilai A dengan tanpa revisi oleh dua validator dan dinilai B oleh dua validator yang lain sehingga perangkat tersebut dapat digunakan dengan sedikit revisi. Aktivitas siswa selama mengikuti pembelajaran dinyatakan aktif dengan persentase 84,2%, kemampuan guru dalam melaksanakan sintaks pembelajaran dinyatakan sangat baik dengan memperoleh rata-rata skor 3,80, respon siswa terhadap pembelajaran dinyatakan positif dengan skor rata-rata respon siswa sebesar 82,24% sehingga penerapan pembelajaran tersebut dalam kategori efektif. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa setelah pembelajaran diketahui 16% siswa memiliki kemampuan life skill rendah, 28% siswa memiliki kemampuan life skill sedang, dan 56% siswa memiliki kemampuan life skil tinggi.