Pengembangan pembelajaran Novick dengan strategi Mathematical Habits of Mind untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa

Main Author: Kurniasari, Ananda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/28660/7/Ananda%20Kurniasari_D74214027.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/28660/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran matematika model novick dengan strategi mathematical habits of mind untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa tingkat SMP yang valid, praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran dikatakan valid, jika nilai rata-rata total ≥3,00; praktis, jika dapat digunakan dengan sedikit revisi atau tanpa revisi; efektif jika keterlaksanaan sintaks ≥75%, kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran >2,00, hasil respon siswa ≥70%, dan ketuntasan hasil belajar ≥70%, Proses pengembangan perangkat pembelajaran pada penelitian ini menggunakan model pengembangan Plomp yang dibatasi pada empat fase yaitu: (1) fase investigasi awal (2) fase desain (3) fase realisasi (4) fase tes, evaluasi, dan revisi. Desain uji coba yang digunakan adalah one group pre-test post-test. Selanjutnya uji coba perangkat pembelajaran dilakukan pada 36 siswa di kelas VIII A SMPN 5 Surabaya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran dinilai “valid” dengan rata-rata nilai kevalidan RPP sebesar 3,90, LKS sebesar 4,07 dan lembar soal TBK sebesar 3,92. (2) Perangkat pembelajaran dinilai “praktis” oleh validator dengan rata-rata penilaian “B”. (3) Perangkat pembelajaran dinilai “efektif” berdasarkan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran dengan rata-rata penilaian 3,73 dan persentase keterlaksanaan sintaks sebesar 100%. Aktivitas siswa yang mendukung KBM lebih besar dari yang tidak mendukung KBM, yaitu 95,6% banding 4,4%. Respon siswa terhadap pembelajaran mencapai 71,1%. Ketuntasan hasil belajar siswa pada aspek pengetahuan sebesar 72,2% dan aspek keterampilan sebesar 100%. (4) Kemampuan berpikir kreatif siswa setelah mendapat pembelajaran novick dengan strategi mathematical habits of mind mengalami peningkatan sebesar 0,48 berkategori “sedang”.