فعالية استخدام وسيلة تدوين مرئي في تعليم اللغة العربية لترقية مهارة الاستماع لطلاب الصف الثّامن بمدرسة نور الهدى المتوسطة الإسلامية سيداتي سيدوارجو

Main Author: Rofi'ah, Khofidlotur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/28587/3/Khofidlotur%20Rofi%27ah_D72214051.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/28587/
Daftar Isi:
  • Kemampuan siswa-siswi dalam keterampilan mendengarkan masih lemah karena siswa-siswi belum bisa menguasai keterampilan mendengarkan dengan baik. Hal ini guru kurang melatih siswa dalam keterampilan mendengarkan setiap pelajaran bahasa Arab. Dilihat dari masalah itu peneliti menerapkan media video VLOG (Video-Blogging) dalam meningkatkan keterampilan mendengar dalam bahasa Arab dan untuk memudahkan mempelajari bahasa Arab. Maka dari itu peneliti membahas dengan rumusan masalah yaitu bagaimana kemampuan keterampilan mendengar siswa-siswi kelas 8 MTs Nurul Huda Sedati Sidoarjo sebelum menggunakan media VLOG (Video-Blogging) dalam pembelajaran bahasa Arab, bagaimana penggunaan media VLOG (Video-Blogging) tersebut dan bagaimana efektifitas penggunaan media VLOG (Video-Blogging) tersebut. Adapun jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif. Analisis metode penelitian yang digunakan peneliti yaitu rumus Tes “t” dan metode pengumpulan data peneliti menerapkan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan hasil penelitian ini yaitu adanya efektifitas penggunaan media VLOG (Video-Blogging) dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan keterampilan mendengar untuk siswa-siswi kelas 8 MTs Nurul Huda Sedati Sidoarjo. Hasil thitung yaitu -12,44 lebih kecil dari hasil ttabel yaitu -1,696. Itu menunjukkan Hipotesis Nol (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Disebut dengan menggunakan media VLOG (Video-Blogging) lebih baik dalam meningkatkan keterampilan mendengar.