Internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka: studi multi kasus di SD YIMI full day school Gresik dan SD NU 1 Trate Gresik

Main Author: Karimah, Tsaniyatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/28292/1/Tsaniyatul%20Karimah_F02315082.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/28292/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi pesatnya perkembangan teknologi dan inforamasi saat ini, sehingga diperlukan penanaman nilai agama sebagai pondasi agar tidak terkena dampak negatif dari perkembangan tersebut dan sebagai media alternatif penanaman nilai tersebut yaitu melalui ekstrakurikuler pramuka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses, implikasi, faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD YIMI Full Day School Gresik dan SD NU 1 Trate Gresik. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, tahap selanjutnya adalah mengklasifikasikan data sesuai dengan rumusan masalah, kemudian menganalisis data tersebut menggunakan teknik analisis deskriptif, sehingga ditarik suatu temuan penelitian. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa proses internalisasi nilai pendidikan Islam (aqidah, syari’ah, dan akhlak) melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dikedua sekolah tersebut menggunakan proses transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai. Implikasi nilai-nilai tersebut adalah perkembangan potensi jasmani, rohani, dan akal. faktor pendukung dan penghambat disetiap sekolah hampir sama.