Efektifitas metode Ceramah Plus Demonstrasi dan Latihan (CPDL) dalam meningkatkan kompetensi psikomotorik siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Surabaya

Main Author: Masrur, Mohammad
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/28213/1/Mohammad%20Masrur_D01304159.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/28213/
Daftar Isi:
  • Banyak peserta didik yang menganggap bahwa pola pembelajaran yang diterapkan kurang memberikan kebebasan berpikir, hanya mengejar kurikulum semata, mengajarkan pengetahuan yang sulit dimengerti, tidak mengajarkan keterampilan praktis dan banyak mengasah kognitif saja Sedangkan ranah afektif dan psikomotorik jarang dilibatkan. Selain itu, banyak guru yang cenderung memberikan tugas-tugas yang banyak, dengan hanya menuntut mereka agar mengerjakan secara maksimal tanpa memahami keadaan fisik dan psikis mereka sebagai potensi yang harus dikembangkan. Hal ini dapat dipastikan semangat belajar pun tidak tennotivasi dengan baik: Salah satu upaya guru dalam menanggulangi hal tersebut diatas dengan menggabungkan beberapa metode pengajaran, salah satu diantaranya yakni metode Ceramah Plus Demonstrasi dan Latihan (CPDL). Metode ini merupakan kombinasi antara kegiatan menguraikan materi pelajaran dengan kegiatan memperagakan dan latihan Perpaduan ketiga metode ini diharapkan dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan kemampuan psikomotoriknya dalam menguasai materi pendidikan agama islam, seperti pada pokok babasan al quran, dan fiqih. Untuk itulah penulis ingin menjawab masalab yang pertama, tentang bagaimana pelaksanaan metode Ceramah Plus Demonstrasi Dan Latihan(CPDL)dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), kedua, bagaimanakah kompetensi psikomotorik siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam, ketiga, adakah efektifitas metode Ceramah Plus Demonstrasi Dan Latihan (CPDL) dalam meningkatkan kompetensi psikomotorik siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAl) di SMP Negeri 11 Surabaya. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif lcuantitatif. Teknik yang digunakan adalah pada penelitian ini adalah metode observasi, interview, tes, dan dokumentasi sebagai cara untuk mengumpulkan data yang diperlukan dalam penelitian ini. Untuk mengetahui ada tidaknya efektifitas dalam penggunaan metode CPDL dalam pembelajaran waqo peneliti menggunakan rumus "uji t", kemudian hasilnya dikonsultasikan pada tabel nilai "t" pada taraf signifikan 1% clan 5%. Hasilnya, to telah diperoleh sebesar 54,328782; sedangkan ti = 2,03 dan 2,72 maka to lebih besar dari pada ti, baik pada taraf signifikasi 5% maupun pada taraf 1%. Dengan demikian hipotesis alternatif atau Ha yang menyatakan efektifitas penggunaan metode Ceramah Plus Demonstrasi dan Latihan (CPDL) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan kompetensi psikomotorik siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 11 Surabaya diterima atau disetujui.