Korelasi Antara pembelajaran kooperatif teknik paired storytelling dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs Miftahul Ulum Kesamben Jombang

Main Author: Hidayanti, Ririn Nurul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/28198/1/Ririn%20Nurul%20Hidayanti_D01205133.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/28198/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang hingga dewasa ini masih didominasi oleh gmu, masih banyak guru yang lebih suka menerapkan pembelajaran teacher centered sehingga siswa menjadi pasif. Ketika peserta didik pasif atau hanya menerima pelajaran dari guru, ada kecenderungan untuk cepat melupakan apa yang telah diajarkan. Atas dasar itulah peneliti tertarik untuk melakukan penelitian tentang "Korelasi Antara Pembelajaran kooperatif Teknik Paired Storytelling Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada PMata Pelajaran SKI di MTs Miftahul Ulum Kesamben Jombang". Pertanyaan yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana pelaksanaan pembelajaran kooperatif teknik paired storytelling di MTs Miftahul Ulum Kesamben Jombang? 2. Bagaimana prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs Miftahul Ulum Kesamben Jombang? 3. Adakah koreiasi antara pembelajaran kooperatif teknik paired storyte11ing terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs Miftahul Ulum Kesamben Jombang? Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menggunakan data berupa angka-angka sebagai afat untuk menemukan keterangan mengenai apa yang ingin diketahui. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan rancangan penelitian "The One Shot Case Study " yang hanya menggunakan satu kelompok yang mendapatkan suatu perlakuan tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yakni seluruh kelas VlI-A yang berjumiah 34 siswa yang dijadikan sampei daiam peneiitian ini. Adapun metode pengumpulan datanya adalah observasi,angket, dokumentasi, dan interview. Data di analisa dengan metode deskriptif berdasarkan kategori, untuk data kuantitatif dengan product moment. Setefah menganalisa data yang ada terbukti bahwa pembelajaran kooperatif teknik paired storytelling pada mata pelajaran SKI terdapat korelasi yang cukup tinggi, terbukti dari basil mean skor prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs Miftahul Ulum Kesamben Jombang yakni 73,1 jika dikategorikan berdasarkan acuan di daiam raport termasuk baik dan jika di hitung rumus product moment diketahui r sebesar 0,652 jika dikonsu1tasikan dengan ftabel baik taraf signifikansi 5% dan 1% dengan df 32 sebesar(0,349 dan 0,449) sehingga r hitung > r tabel dengan demikian terdapat korelasi antara pembelajaran kooperatif teknik paired storytelling dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran SKI di MTs Miftahu1 Ulum Kesamben Jombang