Implementasi pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual dan Intellectual) dengan setting model pembelajaran kooperatif tipe NHT (Numbered Head Together) untuk meningkatkan penalaran analogi siswa: sub pokok bahasan luas permukaan prisma

Main Author: Istichfarin, Amin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2011
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/28133/1/Amin%20Istichfarin_D04206078.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/28133/
Daftar Isi:
  • Salah satu tujuan umum pendidikan matematika dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan adalah menggunakan penalaran pada pola dan sifat, melakukan penjelasan gagasan dan pernyataan matematika. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, guru diharapkan memiliki suatu pendekatan pembelajaran yang tepat dan dapat diimplementasikan dalam suatu metode pembelajaran. Salah satu pendekatan tersebut adalah pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual dan Intellectual). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, respon siswa dan kemampuan penalaran analogi siswa setelah melakukan pembelajaran pendekatan SAVI dengan setting pembelajaran kooperatiftipe NHT (Numbered Heads Together). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, metode angket dan metode tes. Metode observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Metode angket digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. Metode tes digunakan untuk mengetahui kemampuan penalaran analogi siswa. Setelah dilakukan analisis data penelitian, maka didapatkan basil sebagai berikut: aktivitas siswa selama proses pembelajaran dikatakan aktif, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikategorikan baik dengan rata-rata tiap aspeknya 3,21 %, respon siswa terhadap pembelajaran dikategorikan positif dengan rata-rata persentase jawaban senang, menarik dan ya sebesar 86,59 %, rata-rata kemampuan penalaran analogi siswa pada tes pertama sebesar 7,44 dan rata-rata kemampuan penalaran analogi siswa pada tes kedua sebesar 8,58.