Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di SD lbrahimy Sukorejo Situbondo

Main Author: Sa'adah, Sa'adah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/28062/1/Sa%27adah_D51206232.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/28062/
http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28062
Daftar Isi:
  • dokumentasi. Sedangkan penyajian dan analisis datanya secara induktif, yaitu menarik. kesimpulan umum dari data-data yang diperoleh dalam penelitian yang ada hubungannya dengan skripsi ini yaitu tentang strategi guru dalam meningkatkan minat bclajar siswa di SD Ibrahimy Sukorejo Situbondo. Dari hasil penelitian terscbut kami dapat menemukan tentang segala sesuatu yang mempengaruhi minat belajar siswa SD Ibrahimy Sukorejo Situbondo dan strategi yang telah dilakukan oleh guru-guru SD lbrahimy Sukorejo Situbondo untuk meningkatkan minat belajar siswanya. Faktor yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa SD lbrahimy, faktor itu antara lain; faktor internal dan faktor ekstemal. Faktor internal ini tergantung dengan kondisi masing-masing siswa biasanya tentang rasa aman, kesehatan badan dan kemampuan anak sedangkan faktor ekstemal datangnya dari luar misalnya lingkungan sekolah, keluarga dan lingkungan masyarakat. Sedangkan strategi yang digunakan oleh guru SD lbrahimy Sukorejo Situbondo da1am meningkatkan minat belajar siswa dengan menerapkan sistem PAIKEM (Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan), dengan cara memberikan perrnainan-pennainan berupa pantun drama, puisi, kuis, lacak dunia, serta penghargaan yang sepantasnya kepada murid-murid yang. Jadi., pada intinya strategi yang diterapkan oleh guru-guru di SD Ibrahimy cukup banyak dan bervariasi sesuai dengan konsep quantum teaching dan active learning. Pada bagian akhir skripsi ini berisi kesimpulan dari hasil penelitian, dan saran-saran yang diperlukan.