Pola pembinaan akhlak melalui pendidikan agama di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Mojosari Asembagus Situbondo
Main Author: | Hafid, Hafid |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2009
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/28000/1/Hafid_D51206210.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/28000/ |
Daftar Isi:
- Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah; l. Bagaimana pola pembinaan akhlak melalui pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Mojosari Situbondo? 2. Mengapa hams melakukan pembinaan akhlak melalui pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Mojosari Situbondo? 3. Bagaimanakan cara melakukaa-i pembinaan akhlak melalui pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Mojosari Situbondo? Terkait dengan pennasalahan tersebut di atas, maka dalam penelitian lapangan ini digunakan metode deskriptif fenomenologis (metode kualitatif) untuk memberikan fakta tcntang pola pembinaan akhlak melalui pendidikan agama di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Mojosari Asembagus Situbondo. Mengingat luasnya masalah yang tercakup dalam penelitian ini, maka pola pembinaan akhlak melalui Pendidikan Agama di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Mojosari Asembagus Situbondo dibatasi dengan akhlak mahmudah yang diterapkan di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Mojosari Situbondo. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1. Pembinaan akhlak melalui Pendidikan Agama Islam sangat urgen di Madrasah Tsanawiyah Al-Azhar Mojosari sesuai visi-misinya. 2. Pembinaan akhlak harus dilakukan melalui Pendidikan Agama Islam, karena sebagian siswa-siswi masih ada yang berpri1aku yang kurang sesuai dengan nonna-norma agama: Pembinaan akhlak terhadap guru ยป Pembinaan akhlak terhadap orang tua Pembinaan akhlak siswa terhadap lingkungan. 3. Meningkatkan rasa tanggung jawab dan seluruh dewan guru terhadap prilaku siswa-siswinya dan juga yang terpenting adalah pihak sekolah harus melakukan kerjasama dengan orang tua dan masyarakat setempat agar terciptanya lingkungan yang kondusif untuk menanggulangi kuatnya arus globalisasi yang dibuktikan dengan semakin berkembang!lya ilmu pengetahuan dan tekhnologi.