Pengaruh aktifitas Belajar Kelompok terhadap prestasi belajar siswa SMP Ibrahimy I Sukorejo Situbondo

Main Author: Shaleh, Junaidi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/27998/1/Junaidi%20Shaleh_D51206218.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/27998/
http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27998
Daftar Isi:
  • Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana belajar kelompok di SMP Ibrahimy ISukorejo Situbondo? Bagaimana prestasi belajar siswa di SMP Ibrahimy I Sukorejo Situbondo? Bagaimana belajar keJompok terhadap prestasi belajar siswa di SMP Ibrahimy l Sukorejo Situbondo ? Sedangkan metode yang digunakan dalarn penelitian ini menggunakan metode observasi, interview, angket dan dokumenter, yang selanjutnya data tersebut dianalisis dengan metode statistik, yaitu menggunakan rumus Chi Kwadrat (X2). Penelitian ini bertujuan wttuk mengetahui ada dan tidaknya dampak aktifitas belajar kelompok terhadap prestasi belajar siswa di lingkungan pendidikan formal. Untuk mengetahuinya, selanjutnya digunakan runms Koefisien Kontingensi (KK). Berdasarkan dari permasalah di atas maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Adapun kegiatan kelompok (belajar kelompok) dapat berupa musyawarah/diskusi, eksperimen, karya wisata dan sebagainya sedangkan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar antara iain: Faktor Stimulus Belajar; Faktor Metode Belajar; Faktor Individual. Prestasi belajar yang telah dicapai oleh sisw' SMP I Ibrahimy adalah lebih kepada menggunakan stimulus belajar, metode belajar dan prestasi individual sehingga teiWUjudlah prestasi belajar yang diinginkan. Adapun mengenai pengaruh aktifitas belajar kelompok terhadap prestasi belajar siswa adalah tingkat agak rendah, hal ini berdasarkan atas nilai penelitian langsung terhadap Chi Kwadrat (X2) dan dilanjutkan dengan rumus Koefisien Kontingensi (KK).