Peningkatan profesionalisme guru di Madrasah lbtidaiyah Salafiyah Syafi'iyah Putri Sukorejo Banyuputih Situbondo 2008- 2009

Main Author: Hasanah, Zahratul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2009
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/27993/1/Zahratul%20Hasanah_D51206240.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/27993/
http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27993
Daftar Isi:
  • Peningkatan mutu pendidikan mempunyai peranan penting dalam proses belajar mengajar, karena eksistensi guru dalam setiap lembaga pendidikan merupakan kunci keberhasilan pendidikan. Upaya peningkatan profesionalisme guru merupakan salah satu unsur yang cukup potensial, tanggung jawab guru dalam melaksanakan togas clan kewajiban didasarkan atas pertimbangan profesionalisme di MI Putri Sukorejo Situbondo. Penelitian ini difokuskan pada: 1) Bagaimana Upaya peningkatkan profesionalisme guru di Madrasah lbtida'iyah Salafiyah Safi'iyah Putri Sukorejo Situbondo Tahun Pelajaran 2008-2009? 2) Faktor-faktor apa saja yang mendukung clan menghambat peningkatan profesionalisme guru? Dalam penelitian penulis menggunakan penyajian analisa data yang menggunakan kualitatif deskriptif, karena penelitian ini dilakukan untuk meneliti profesionalisme guru. Sedangkan metode pengumpulan data menggunakan teknik interview, observasi, dan dokumentasi. Dari analisis data diperoleh temuan-temuan sebagai berikut: pertama, upaya peningkatan profesionalisme guru yaitu dengan cara sekolah mengadakan pelatihan­pelatihan dan loka katya, menempuh pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, guru tidak lagi sebagai pengajar akan tetapi sebagai fasilitator, motivator kepada siswa, selalu memperbaiki satpel, menguasai bahan pelajaran serta keikutsertaan guru dalam berbagai organisasi dan seminar pendidikan dalam rangka menambah wawasan luas. Kedua, faktor pendukung dan penghambat peningkatan profesionalisme guru a) faktor pendukung l$.lah adanya kurikulum yang standar, SDM guru, sarana prasarana clan lingkungan yang mendukung serta didukung oleh kemampuan dasar guru yang mempunyai komitment untuk meningkatkan profesi dan kode etik guru, dan terciptanya lingkungan dalam kelas yang merangsang belajar kreatif dan kerja samanya lembaga dan guru yang senior serta memberikan bimbingan langsung kepada guru junior sehingga tercipta kerja sama yang baik, b) faktor penghambat profesionalisme guru di MI Putri Sukorejo Situbondo adalah kurangnya pelatihan­pelatihan untuk meningkatkan profesionalisme minimnya sarana media pembelajaran, terbatasnya dana untulc pengembangan.