تحليل الأخطاء الإملائية في الرسائل الجامعية؛ رسائل شعبة تعليم اللغة العربية بكلية التربية والتعليم بجامعة سونان أمبيل الإسلامية الحكومية سورابايا-نموذجا

Main Author: Zakiyah, Uliz
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/27448/7/Uliz%20Zakiyah_D92213094.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/27448/
Daftar Isi:
  • Terpilihnya judul ini dilatar belakangi oleh lemahnya kemampuan menulis mahasiswa dalam penulisan skripsi. Di antara problem-problem yang timbul dalam benak mahasiswa bermaca-macam. Oleh karena itu, peneliti menganalisis sampel skripsi untuk memberitahukan kesalahan-kesalahan tersebut pada pembaca dan memperkenalkan pembenarannya serta penafsiran kesalahannya. Adapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Apa saja kesalahan-kesalahan imla’ dalam skripsi tersebut? 2. Apa saja pembenaran kesalahan-kesalahan tersebut? 3. Apa saja tafsir kesalahan-kesalahan tersebut? Populasi penelitiannya adalah skripsi milik alumni tahun 2015 dan 2016 (148 skripsi). Adapun sampel yang diambil adalah 35 skripsi.Untuk menjawab permasalahan-permasalahan tersebut, peneliti menggunakan kualitatid-kuantitatif. Adapun metode yang digunakan untuk menumpulkan data adalah metode dokumentasi. Analisis ini menunjukkan bahwa kesalah hamzah qath’ (116)lebih banyak dari pada kesalahan hamzah washl (52). Adapun tafsir kesalahannya adalah : Agaknya peneliti tidak mengetahui cakupan kaidah yang telah ditetapkan, agaknya peneliti tergesa-gesa dalam menulis dan agaknya peneliti tidak menguasai kaidah.