تحليل الأخطاء الإملائية في الرسائل الجامعية؛ رسائل شعبة تعليم اللغة العربية بكلية التربية والتعليم بجامعة سونان أمبيل الإسلامية الحكومية سورابايا-نموذجا
Main Author: | Zakiyah, Uliz |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/27448/7/Uliz%20Zakiyah_D92213094.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/27448/ |
Daftar Isi:
- Terpilihnya judul ini dilatar belakangi oleh lemahnya kemampuan menulis mahasiswa dalam penulisan skripsi. Di antara problem-problem yang timbul dalam benak mahasiswa bermaca-macam. Oleh karena itu, peneliti menganalisis sampel skripsi untuk memberitahukan kesalahan-kesalahan tersebut pada pembaca dan memperkenalkan pembenarannya serta penafsiran kesalahannya. Adapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Apa saja kesalahan-kesalahan imla’ dalam skripsi tersebut? 2. Apa saja pembenaran kesalahan-kesalahan tersebut? 3. Apa saja tafsir kesalahan-kesalahan tersebut? Populasi penelitiannya adalah skripsi milik alumni tahun 2015 dan 2016 (148 skripsi). Adapun sampel yang diambil adalah 35 skripsi.Untuk menjawab permasalahan-permasalahan tersebut, peneliti menggunakan kualitatid-kuantitatif. Adapun metode yang digunakan untuk menumpulkan data adalah metode dokumentasi. Analisis ini menunjukkan bahwa kesalah hamzah qath’ (116)lebih banyak dari pada kesalahan hamzah washl (52). Adapun tafsir kesalahannya adalah : Agaknya peneliti tidak mengetahui cakupan kaidah yang telah ditetapkan, agaknya peneliti tergesa-gesa dalam menulis dan agaknya peneliti tidak menguasai kaidah.