Analisis soal dalam buku teks matematika SMP kelas VII berdasarkan pada Taksonomi Bloom revisi
Main Author: | Agustina, Ni'matin Kurnia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/27435/1/Ni%27matin_D04211012.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/27435/ |
Daftar Isi:
- Tujuan analisis butir soal adalah mengidentifikasi level dari soal tersebut, meskipun demikian analisis butir soal jarang sekali dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memahami tingkat proses kognitif pada soal yang terdapat dalam buku ajar matematika SMP kelas VII berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah soal – soal pada Buku Ajar Elektronik matematika SMP/MTs kelas VII revisi 2017 oleh Abdur Rahman As’ari Dkk. Analisis butir soal dilakukan menggunakan Taksonomi Bloom Revisi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan metode dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa berdasarkan enam (6) tingkat proses kognitif pada Taksonomi Bloom Revisi, soal Uji Kompetensi Matematika SMP Kelas VII Semester I pada kategori Level kognitif C1 (Mengingat) sebanyak 0 butir soal, C2 (Memahami) sebanyak 10,3% (3 butir soal), C3 (Menerapkan) sebanyak 62,1% (18 butir soal), C4 (Menganalisis) sebanyak 27,6% (8 butir soal) dan pada level C5 (Mengevaluasi) dan C6 (Mencipta) tidak ada sama sekali.