دراسة مقارنة في الكفاءة التعليمية لمعلم اللغة العربية على أساس التعلم النشط بين المدرسة الثانوية الإسلامية الأهلية دار العلوم وارو و الحكومية بسيدوارجو
Main Author: | Sulalah, Noviatin |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/27368/3/Noviatin%20Sulalah_D92214073.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/27368/ |
Daftar Isi:
- Pengajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah memerlukan kemampuan didaktik guru , terutama dalam pembelajaran aktif , karena dengan adanya guru yang memiliki kemampuan ini siswa dituntut oleh guru untuk selalu belajar dengan aktiv . tetapi banyak kita jumpai guru ketika menyampaikan pelajaran tidak memiliki kemampuan mengajar yang terampil. Kemampuan didaktik ini juga akan menimbulkan adanya interaksi antara guru dengan siswa, dan interaksi antar siswa. Sehingga mereka akan sama-sama belajar untuk aktif dengan adanya interaksi yang sering dilakukan. Guru akan sering melibatkan siswa dalam pembelajaran. Pemusatan dalam pembelajaran juga sama-sama dilakukan, sehingga materi yang di ajarkan bisa di diskusikan secara bersama-sama, dan isi materipun bisa dipahami oleh keduanya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan didaktik guru bahasa arab berbasis Pembelajaran Aktiv ( Active Learning ) antara Madrasah Aliyah Swasta dan Negeri di Sidoarjo. Dan mengetahui perbandingan kemampuan didaktik guru bahasa arab berbasis Pembelajaran Aktiv ( Active Learning ) antara Madrasah Aliyah Swasta Dan Negeri di Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode campuran (Mixed Methode).Hasil dari peneitian ini menunjukkan bahwa kemampuan didaktik guru bahasa arab berbasis active learning di Madrasah Aliyah Swasta tidak membantu proses pembelajaran di bandingkan di sekolah Madrasah Aliyah Negeri Sidoarjo Pernyataan ini berdasarkan hasil dari analisis dengan menggunakan data dari observasi dan Wawancara. Hal ini dibuktikan dengan rumus prosentase untuk menentukan kevalidan respon siswa terhadap kemampuan didaktik guru.