تحليل الأخطاء الدلالية المعجمية في مهارة الكتابة لطلبة الفصل الثاني بمدرسة السلام الثانوية الإسلامية بانجيلان طوبان
Main Author: | Ilmiyah, Nurul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/27340/6/Nurul%20Ilmiyah_D72214061.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/27340/ |
Daftar Isi:
- Terpilihnya judul ini dilatar belakangi oleh banyaknya kesalahan makna leksikal yang ditemukan pada karya tulis siswa dengan menggunakan bahasa arab pada siswa kelas II intensif MA Assalam Bangilan Tuban. Fenomena ini menunjukkan bahwa banyak dari siswa kelas II intensif MA Assalam Bangilan Tuban belum sepenuhnya mampu menguasai penulisan kalimat bahasa Arab yang benar. Peneliti meneliti kesalahan semantik leksikal pada karangan tulis berbahasa Arab siswa kelas II Intensif MA Assalam Bangilan Tuban. Adapun tujuan masalahnya 1- Untuk mengetahui kesalahan semantik leksikal siswa pada keterampilan kitabah siswa kelas II MA Assalam Bangilan Tuban 2- Untuk mengetahui pembenaran dari kesalahan semantik leksikal siswa pada keterampilan kitabah siswa kelas II MA Assalam Bangilan Tuban? 3- Untuk mengetahui tafsir kesalahan semantik leksikal siswa pada keterampilan kitabah siswa kelas II MA Assalam Bangilan Tuban. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Dan dari penelitian ini lebih banyak ditemukan kesalahan semantic leksikal dalam segi kekaburan makna daripada kolokasi. Sebagai solusi untuk memecahkan masalah tersebut sebaiknya memilih mufradat yang sesuai dengan konteksnya, memahami mufradat beserta maknanya dan perlu sering latihan menulis tulisan dengan benar. Adapun tafsir kesalahanya yaitu: mungkin siswa belum memahami makna mufradat, atau siswa tidak menempatkan kata yang sesuai pada kalimat, atau siswa tidak mengetahui bagaimana penulisan kata, atau siswa salah dalam penulisan kata, atau siswa belum memiliki mufradat yang banyak, atau siswa belum mampu membedakan makna kata atau siswa banyak terpengaruh bahasa ibu.