Analisis kompetensi strategis siswa dalam pembelajaran heuristik vee berdasarkan disposisi matematis

Main Author: Muna, Tatimmatul
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/27311/1/Tatimmatul%20Muna_D94214112.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/27311/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi strategis siswa dengan tingkat disposisi matematis sangat tinggi, tinggi, dan cukup setelah diberikan pembelajaran heuristik vee. Adapun aspek kompetensi strategis siswa yang menjadi pokok dalam penelitian ini adalah strategi siswa dalam merumuskan, merepresntasikan, dan menyelesaikan masalah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian merupakan siswa kelas VIII E di SMPN 3 Krian. Untuk pengambilan subjek wawancara dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling didasarkan pada hasil angket disposisi matematis dan observasi langsung. Jumlah subjek wawancara 6 siswa yang terdiri atas dua siswa pada masing-masing tingkat disposisi sangat tinggi, tinggi, dan cukup. Instrumen yang digunakan berupa angket disposisi matematis, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran beserta LKS yang disusun berdasarkan pembelajaran Heuristik Vee, tes kompetensi strategis, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi strategis siswa disposisi matematis sangat tinggi dalam pembelajaran heuristik vee telah memenuhi semua aspek diantaranya merumuskan masalah dengan membaca, merancang sketsa, secara visual dan verbal; merepresentasikan masalah dalam bentuk gambar dengan menggambar sketsa, menggunakan pythagoras, dan luas trapesium; serta menyelesaikan masalah secara analitik. Kompetensi strategis siswa disposisi matematis tinggi telah memenuhi semua aspek diantaranya merumuskan masalah dengan membaca, imajinasi, secara visual, dan verbal; merepresentasikan masalah dalam bentuk gambar menggunakan pythagoras dan luas trapesium; serta menyelesaikan masalah secara analitik. Kompetensi strategis siswa disposisi matematis cukup meliputi merumuskan masalah dengan membaca dan secara verbal; merepresentasikan masalah dalam bentuk gambar menggunakan pythagoras dan luas trapesium; serta menyelesaikan secara analitik