Pengaruh model Process Oriented Guided Inquiry Learning (Pogil) berbasis etnomatematika terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik

Main Author: Nisa', Khofifatun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://digilib.uinsby.ac.id/27278/8/Khofifatun%20Nisa_D74214036.pdf
http://digilib.uinsby.ac.id/27278/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan RPP dan aktivitas peserta didik dalam pembelajaran model POGIL berbasis etnomatematika serta mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh pembelajaran model POGIL berbasis etnomatematika terhadap kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Etnomatematika yang digunakan dalam penelitian ini merupakan budaya pertanian padi di kabupaten Lamongan. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian one-group pre test post test. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sarirejo Lamongan. Sampel yang diambil adalah peserta didik kelas VII A yang berjumlah 25 peserta didik dan diambil menggunakan teknik simple random sampling. Penelitian ini menggunakan metode pengamatan untuk mendapatkan data tentang keterlaksanaan RPP dan aktivitas peserta didik serta metode tes berupa pre test dan post test untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan kemampuan komunikasi matematis secara tertulis dalam pembelajaran model POGIL berbasis etnomatematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan RPP dalam pembelajaran model POGIL berbasis etnomatematika termasuk dalam kriteria baik dengan rata-rata nilai di atas 2,25 karena guru melaksanakan pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran model POGIL berbasis etnomatematika. Aktivitas peserta didik dalam pembelajaran model POGIL berbasis etnomatematika termasuk dalam kriteria baik dengan rata-rata persentase di atas 80% baik peserta didik yang berperan sebagai manager, speaker person, reader, dan strategy analyst. Terdapat pengaruh pembelajaran model POGIL berbasis etnomatematika terhadap kemampuan komunikasi matematis kelas VII SMP Negeri 1 Sarirejo Lamongan berdasarkan t_hitung=45,14 lebih besar dari t_tabel=1,7108 dengan taraf signifikan 5%. Hasil tes menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan komunikasi matematis peserta didik setelah pembelajaran model POGIL berbasis etnomatematika lebih baik daripada sebelum pembelajaran.