Pengembangan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model sinektik-strategi rotating trio exchange untuk melatihkan kemampuan komunikasi
Main Author: | Ramadhani, Asmaul Khusnah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/27238/6/Asmaul%20Khusnah%20Ramadhani_D94214093.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/27238/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap proses pengembangan, kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari pengembangan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran sinektik dan strategi Rotating Trio Exchange (RTE) untuk melatihkan kemampuan komunikasi tulis dan lisan. Pengembangan perangkat pada penelitian ini menggunakan model Plomp dengan hasil yang dikembangkan berupa RPP dan LKS pada materi kubus dan balok menggunakan model pembelajaran sinektik dan strategi Rotating Trio Exchange (RTE) untuk melatihkan kemampuan komunikasi untuk siswa SMP/MTs kelas VIII. Uji coba dilakukan pada 32 siswa kelas VIII-H SMP Negeri 1 Puri Mojokerto. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah, validasi ahli, observasi, dan angket. Data penelitian dianalisis dan diperoleh hasil sebagai berikut: kevalidan RPP sebesar 4,32 dalam kategori valid; dan kevalidan LKS sebesar 4,2 dalam kategori valid. Kepraktisan untuk RPP mendapat 3 poin B dan 1 poin A dari validator yang berarti dalam kategori praktis; dan kepraktisan LKS mendapat 3 poin A dan 1 poin B yang berarti dalam kategori praktis. Pembelajaran memenuhi kriteria efektif dikarenakan persentase keterlaksanaan sintaks sebesar 93.8%; persentase aktivitas siswa yang mendukung pembelajaran lebih besar daripada persentase yang tidak mendukung pembelajaran; dan respon positif siswa sebesar 95,8%. Pengembangan perangkat pembelajaran pada materi kubus dan balok menggunakan model sinektik dan strategi Rotating Trio Exchange (RTE) ini dapat digunakan untuk melatihkan kemampuan komunikasi.