فعالية استخدام الوسيلة التعليمية برنامج "لمسة" لترقية مهارة الاستماع لطلبة الصف السابع بمدرسة إحياء العلوم المتوسطة الإسلامية دوكون كرسيك
Main Author: | Aisyiyah, Muslimatul |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://digilib.uinsby.ac.id/27229/1/MUSLIMATUL%20AISYIYAH_D92214068.pdf http://digilib.uinsby.ac.id/27229/ |
Daftar Isi:
- Mendengar adalah salah satu keterampilan dalam berbahasa arab. Salah satu media yang dapat digunakan oleh guru dalam pembelajaran mendengar adalah aplikasi “Lamsa”. Media ini merupakan aplikasi untuk belajar bahasa Arab dengan menggunakan jaringan internet. Media pembelajaran aplikasi ini sangat mudah di mengerti karena dilengkapi audio visual. Media pembelajaran aplikasi ini juga menjadikan siswa senang dan tidak bosan dalam pembelajaran bahasa Arab. Dalam penelitian ini, peneliti ingin mengetahui Efektifitas Penggunaan Media Pembelajaran Aplikasi “Lamsa” untuk Meningkatkan Keterampilan Mendengar. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Adapun instrumen penelitian yang digunakan adalah: 1) Observasi, 2) Tes, 3) Wawancara, 4) Angket dan 5) Dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa adanya efektifitas dalam pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan Media Pembelajaran Aplikasi “Lamsa” untuk meningkatkan Keterampilan Mendengar berdasarkan dari hasil analisis dengan menggunakan rumus T-Test yang menunjukkan bahwa T-hitung (14,6) lebih besar dari pada T-tabel (1,708). Maka H0 ditolak dan Ha diterima.